Kamis, 27 April 2017

Sulteng Targetkan Empat Kegiatan Tingkatkan Kunjungan Wisman

id wisman
Sulteng Targetkan Empat Kegiatan Tingkatkan Kunjungan Wisman
Ilustrasi (antara)
Palu,  (antarasuleng.com) - Pemerintah Provinsi Sulawesi Tengah menargetkan peningkatan kunjungan wisatawan mancanegara ke provinsi tersebut melalui empat kegiatan besar pariwisata 2017.

"Selain ada upaya lain yang kami lakukan, kami juga menargetkan empat kegiatan pariwisata dan budaya tahun 2017 berdampak terhadap peningkatan kunjungan wisman," ungkap Kepala Dinas Pariwisata Sulawesi Tengah Ardiansyah Lamasitudju di Palu, Rabu.

Empat kegiatan tersebut yaitu Festival Teluk Tomini di Kabupaten Parigi Moutong sebagai promosi potensi wisata bahari yang dilaksanakan bulan April mendatang.

Kemudian Festival Palu Nomoni di Kota Palu yang dirangkaikan dengan hari jadi Ibu Kota Provinsi Sulawesi Tengah.

Selanjutnya, Festival Danau Poso di Tentena serta kunjungan wisatawan ke ribuan megalitikum di Lembah Besoa dan Bada.

Kegiatan yang juga diharap menjadi magnet wisman adalah pelaksanaan Tour De Central Celebes yang pada tanggal 4-6 November 2017.

"Kami targetkan peningkatan wisatawan mancanegara di empat kegiatan tersebut meningkat 30 persen dari tahun 2016," katanya.

Derdasarkan data yang dimiliki Dinas Pariwisata, wisatawan mancanegara yang datang ke Sulawesi Tengah hingga Juli 2016 telah mencapai 1,5 Juta jiwa dengan berbagai tujuan wisata seperti kunjungan ke obyek wisata bahari, wisata alam, wisata khusus/ilmiah dan wisata budaya.

Di tahun 2015, wisatawan mancanegara yang tiba di Sulawesi Tengah mencapai 2,9 juta jiwa, terdiri atas wisatawan dengan tujuan khusus dan wisatawan tujuan rekreasi.

Karena itu Ardiansyah meyakini target kunjungan wisatawan sebanyak tiga juta orang dapat terpenuhi untuk menunjang pencapaian target nasional kunjungan wisatawan mancanegara ke Indonesia sebanyak 20 juta orang.  

Editor: Rolex Malaha

COPYRIGHT © ANTARA 2017

Baca Juga