Senin, 24 Juli 2017

Hamsir : Saya Tidak Mau Pakai “Siga”

id Legislator
Hamsir : Saya Tidak Mau Pakai “Siga”
Anggota Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kota Palu, Hamsir. (Ist)
Tidak, saya tidak setuju kalau dikeluarkan edaran anggota legislatif menggunakan siga. Saya tidak mau memakai siga
Palu, (antarasulteng.com) – Legislator DPRD Kota Palu, Hamsir menegaskan dirinya tidak akan menggunakan pengikat kepala khas Kota Palu atau dikenal dengan sebutan “Siga”, yang ditetapkan Pemerintah Kota Palu untuk hari-hari tertentu.

Siga merupakan ikat kepala terbuat dari kain yang merupakan simbol kebesaran dan penghargaan bagi suku Kaili di Sulawesi Tengah.

Pernyataan itu disampaikannya di depan forum dewan saat menanggapi pernyataan legislator lainnya, Muhammad J Wartabone yang menginginkan agar anggota legislatif turut serta mengenakan siga dihari tertentu.  

"Tidak, saya tidak setuju kalau dikeluarkan edaran anggota legislatif menggunakan siga. Saya tidak mau memakai siga," tegas Hamsir dihadapan forum sidang pemilihan Alat Kelengkapan Dewan, Kamis.

Hamsir menyatakan bahwa lembaga legislatif memiliki aturan dan tata tertib dalam mengatur tata cara berpakaian.

"tata cara berpakaian kita diatur dalam tata tertib,” katanya.

Bagi Politisi Partai Hanura itu, kalau pun anggota legislatif menggunakan Siga, jangan saling memaksakan dan cukup pemerintah kota saja yang mengeluarkan surat himbauan.

Legislator Partai Golkar, Muhammad J Wartabone dalam sidang itu mengatakan lembaga legislatif dan eksekutif seperti dua sisi mata uang yang tidak dapat dipisahkan. 

“Alangkah baiknya bila Pemerintah Kota Palu mengeluarkan surat edaran ditujukan kepada anggota legislatif agar memakai siga,” kata Wartabone.

Sementara itu salah seorang legislator Partai Kebangkitan Bangsa (PKB), Alimuddin H Ali Bau mengecam pendapat Hamsir yang tidak ingin menggunakan Siga tersebut.

“Sebagai pejabat publik, anda harusnya jangan berkata seperti itu. Itu artinya anda tidak menghargai budaya,” kata Alimuddin.

Editor: Adha Nadjemudin

COPYRIGHT © ANTARA 2017

Baca Juga