Gubernur Minta Koni Sulteng Lakukan Pembinaan Terarah

id longki

 Gubernur Minta Koni Sulteng Lakukan Pembinaan Terarah

Gubernur Drs. H. Longki Djanggola, M.Si (humas)

Palu,  (antarasulteng.com) - Gubernur Sulawesi Tengah Longki Djanggola meminta Pengurus KONI Sulawesi Tengah yang baru dilantik untuk melakukan pembinaan yang lebih terarah dalam meningkatkan prestasi olahraga di daerah itu.

"Ingat tiga tahun lagi PON XX akan dilaksanakan di Papua pada 2020. siapkan program pembinaan yang tearah dan berkesinambungan," katanya usai pelantikan Pengurus KONI Sulteng 2017-2022 di Palu, Sabtu malam.

Pada event empat tahunan tersebut, Sulteng harus bisa memperbaiki peringkatnya ke posisi yang lebih baik lagi dari PON-PON sebelumnya.

Menurut dia, untuk bisa memperbaiki prestasi di tingkat nasional, tentu tidak semudah yang kita bayangkan, tetapi melalui kerja keras semua pihak terkait.

KONI sebagai induk organisasi olahraga nasional, khususnya di Provinsi Sulteng, harus mulai melakukan upaya-upaya untuk peningkatan prestasi pada PON XX.

KONI, kata GUbernur Longki, harus bersinergi dengan semua pengurus cabang olahraga dan atlet yang ada di seluruh kabupaten dan kota di Provinsi Sulteng.

Karena itu, mulai dari sekarang ini, jajaran KONI Sulteng dalam program pengembangan dan pembinaan olahraga harus lebih fokus lagi agar apa yang diharapkan ke depan yakni dapat memperbaiki peringkat di PON XX bisa terwujud.

Pembinaan terarah akan sangat menentukan pencapaian prestasi akhir yang gemilang. Semua harus searah dalam pembinaan baik pengurus KONI Sulteng, KONI kabupaten dan kota serta para pengprov cabang olahraga dan atlet sendiri.

"Jika semua bisa satu visi untuk meningkatkan prestasi, niscaya akan berhasil," kata Gubernur Djanggola.

Sementara Ketua KONI Sulteng Anwar Ponulele mengatakan anggaran untuk pembinaan olahraga di daerah ini masih bersumber dari pemerintah daerah.

"Kita sampai sekarang ini masih menggandalkan dana hibah dari pemerintah daerah," kata dia.

Dengan dukungan anggaran yang terbatas dari pemerintah daerah, KONI mencoba untuk menggunakannya dengan sebaik mungkin baik bagi kebutuhan operasional KONI maupun dialokasikan bagi pembinaan setiap cabang olahraga yang ada di Sulteng.

Hingga kini sudah tercatat sebanyak 37 cabang olahraga yang dibina oleh KONI Sulteng, termasuk ada beberapa cabang baru.

KONI Sulteng, kata dia, akan bekerja keras bersama dan setiap cabang olahraga untuk meningkatkan prestasi atlet di daerah ini.