Pemkot Ajak Masyarakat Budidaya Ikan Air Tawar

id ikan

Pemkot Ajak Masyarakat Budidaya Ikan Air Tawar

Ilustrasi-Budidaya Ikan (antaranews)

Palu,  (antarasulteng.com) - Pemerintah Kota Palu ibukota Sulawesi Tengah mengajak masyarakat di daerah tersebut untuk melakukan budidaya ikan air tawar demi pemenuhan dan penunjang konsumsi pangan rumah tangga.

Kepala Dinas Kelautan dan Pertanian Kota Palu, Muchlis Abd Umar menyatakan di Palu, Selasa, telah menyediakan benih bibit untuk diberikan secara cuma-cuma kepada masyarakat yang berkeinginan melakukan pemeliharaan dan pengembangan ikan air tawar.

"Pemerintah dalam hal ini organisasi perangkat daerah yang kami pimpin menyediakan bibit benih ikan air tawar bagi masyarakat yang ingin membudidayakan," ungkap Muchlis.

Muchlis mengatakan bibit benih yang dikembangkannya ikan lele, ikan mas, dan ikan nila akan segera diserahkan kepada masyarakat.

Pemkot Palu, jelas dia, mengembangkan pembibitan ikan air tawar di Kecamatan Tatanga yang saat ini menjadi balai benih ikan milik Pemkot Palu.

Pemberian bantuan tersebut, sebut dia, diberikan kepada masyarakat yang bermohon sesuai dengan luasan kolam yang dimiliki.

"Kami tidak memberikan bantuan dalam bentuk uang tunai, tetapi dalam bentuk bibit benih. Bibit yang diberikan tergantung besaran kolam pemeliharaan," sebutnya.

Muchlis menegaskan setiap masyarakat atau kepala keluarga berhak menerima bantuan tersebut, dengan memenuhi persyaratan serta menyediakan lokasi pemeliharaan.

"Iya, syarat utama untuk mendapatkan bantuan yaitu tersedianya kolam untuk pemeliharaan," katanya.

Lanjut Muchlis mengatakan bahwa upaya tersebut dilakukan pihaknya untuk menopang kebutuhan konsumsi masyarakat dan rumah tangga atau sebagai penunjang sandang dan pangan di Kota Palu.