Rabu, 26 April 2017

Masyarakat Mampu Diimbau Beli Elpiji Non Subsidi

id elpiji
Masyarakat Mampu Diimbau Beli Elpiji Non Subsidi
Elpiji 5 kg (ANTARA FOTO)
Palu,  (antarasulteng.com) - Masyarakat Palu ibukota Sulawesi Tengah yang kategori sudah mampu diimbau untuk membeli elpiji non subsidi untuk kebutuhan rumah tangga maupun industri.

"Elpiji subsidi (3kg) hanya diperuntukan bagi warga yang kurang mampu," kata Kepala Bagian Administrasi Perekonomian Pemkot Palu, Tamin Tombolotutu,Selasa.

Selama ini, kata dia, kebanyakan warga yang ekonominya sudah bagus, justru masih memburu elpiji subsidi.

Padahal, pemerintah telah menyediakan elpiji non subsidi 5,5kg dan 12kg/tabung untuk kebutuhan warga yang sudah mapan ekonominya.

Menurut dia, kelangkaan elpiji di Palu dalam dua pekan terakhir lebih dikarenakan banyak warga mampu yang membeli elpiji subsidi guna menghemat biaya.

Padahal, Pertamina setiap bulannya sudah mengalokasikan stok elpiji 3kg sesuai dengan kebutuhan masyarakat setempat. "Tapi karena peruntukannya tidak hanya semata-mata warga kurang mampu, hal itu yang menyebabkan persediaan tidak mencukupi kebutuhan," katanya.

Pemkot Palu dan Pertamina akan menata kembali pendistribusian elpiji subsidi ke setiap pangkalan pengecer. "Pemkot Palu akan mengeluarkan surat edaran (SE) terkait peruntukan elpiji 3kg," kata Tamin.

Dengan demikian, pangkalan hanya akan melayani permintaan elpiji 3kg warga yang kurang mampu (warga miskin) selama ini menjadi sasaran pemerintah memberikan subsidi dimaksud.

Pantauan di sejumlah pangkalan pengecer elpiji 3kg di Palu masih banyak yang belum menjual komoditi strategis itu karena stok habis.

Sementara di kios-kios masih banyak elpiji 3kg dijual, tetapi hanya jauh lebih tinggi berkisar Rp20.000 sampai Rp25.000/tabung. Harga eceran tertinggi (HET) ditetapkan pemerintah Rp16.000/kg untuk elpiji 3kg.  

Editor: Rolex Malaha

COPYRIGHT © ANTARA 2017

Baca Juga