Kadis: Survey Jalur TDCC Selesai April 2017

id ardiansyah

Kadis: Survey Jalur TDCC Selesai April 2017

H. Ardiansyah L, S.Pd., M.Si (ist)

Palu,  (antarasulteng.com) - Pemerintah Provinsi Sulawesi Tengah menargetkan survey jalur lintasan lomba balap sepeda internasional Tour de Central Celebes (TDCC) akan selesai April 2017.

Kepala Dinas Pariwisata Sulawesi Tengah Ardiansyah Lamasitudju menyatakan di Palu, Selasa, setelah survey selesai, pemerintah provinsi akan mengumumkannya sehingga para calon peserta baik pebalap nasional maupun internasional bisa segera mengetahuinya.

"Kami berharap survey jalur TDCC dapat dituntaskan atau diselesaikan pada awal April 2017 ini," ungkapnya.

Ia menguraikan bahwa jalur yang survey tersebut dimulai dari Kota Ampana, Ibu Kota Kabupaten Tojo Unauna, yang nantinya menjadi titik star peserta TDCC menuju Kabupaten Sigi dan Kota Palu, melintasi Kabupaten Poso dan Parigi Moutong.

Survey tersebut dilakukan oleh beberapa pihak di antaranya yaitu Pengurus Besar Ikatan Sport Sepeda Indonesia (PB-ISSI), Dinas Bina Marga, Dinas Perhubungan dan Dinas Pariwisata Sulteng.

Langkah selanjutnya, kata dia, akan dilakukan `launching` jalur di Kementerian Pariwisata Jakarta sebagai bentuk peresmian dan promosi kegiatan TDCC ke luar negeri.

"PB-ISSI terlibat langsung dalam survey jalur ini, nantinya akan ada perbaikan-perbaikan jalur lintasan peserta sepeda TDCC," ujarnya.

Ia mengakui bahwa Pemprov Sulteng melibatkan Kementerian Pariwisata dalam persiapan dan pelaksanaan kegiatan TDCC tersebut, untuk menunjang kunjungan wisatawan mancanegara ke Indonesia.

Pemprov Sulteng merencanakan lomba balap sepeda Tour de Central Celebes dilaksanakan 4-6 November 2017, diikuti 1.500 peserta mancanegara dan nusantara.

Peserta TDCC akan melintasi jalur dari Kabupaten Tojo Unauna menuju Kabupaten Poso, kemudian Kabupaten Parigi Moutong, Kabupaten Sigi dan finish di Kota Palu.