Ribuan Warga Miskin Kota Palu Dibantu Kube

id miskin

Ribuan Warga Miskin Kota Palu Dibantu Kube

Warga miskin (ANTARA/Ahmad Subaidi) (antara)

Palu,  (antarasulteng.com) - Sekitar 2.000 warga miskin bakal mendapat bantuan melalui program Kelompok Usaha Bersama (Kube) yang digagas Pemerintah Kota Palu, Sulawesi Tengah, sebagai program pengentasan masyarakat dari kemiskinan.

Kepala Dinas Sosial Kota Palu Nursalam, Kamis mengemukakan, dari 2.000 warga miskin itu akan dibagi dalam 414 kelompok yang tersebar di 46 Kelurahan.

Pemberian bantuan kepada warga miskin itu, katanya di Kota Palu, sebagai bentuk upaya pemerintah meningkatkan taraf hidup warga sebagaimana visi dan misi Wali Kota Palu yakni menciptakan iklim perekonomian yang kondusif di tengah masyarakat melalui Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) sehingga dapat mencapai target kemadirian ekonomi.

Nursalam menguraikan, sebanyak 414 kelompok Kube itu pada tahap awal akan mendapat stimulus atau perangsang agar masyarakat berpacu dalam mengelola serta mengembangkan usaha di lingkungan masing-masing.

"Bantuan ini merupakan stimulus bagi masyarakat sehingga dengan adanya Kube kami berharap masyarakat lebih meningkatkan etos kerja melalui pengembangan usaha industri rumahan untuk kesejahteraan mereka sendiri," harapnya.

Pemberdayaan warga miskin leat KUBE antara lain berupa pemberian bantuan alat usaha sesuai jenis usaha yang dikembangkan.

Pada setiap Kelurahan yang memiliki lima hingga enam kelompok, disediakan anggaran stimulus sebesar Rp20 juta per kelompok namun tidak diberikan dalam bentuk uang tunai tetapi natura.

Sehingga total bantuan yang diupayakan pemerintah daerah melalui APBD Kota Palu 2017 untuk program pengentasan kemiskinan melalui Kube tersebut sekitar Rp8,2 miliar.