Sabtu, 21 Oktober 2017

DPRD Palu Sampaikan Hasil Pembahasan LKPJ ke BPK

id DPRD Palu,
DPRD Palu Sampaikan Hasil Pembahasan LKPJ ke BPK
Ketua DPRD Palu Mohammad Iqbal Andi Magga dalam satu acara bersama Wali Kota Palu Hidayat. (dokiqbal)
Ketua DPRD : “Jadi, hasil laporan LKPJ ini nanti akan menjadi acuan capaian target RPJMD yang telah diajukan oleh Pemerintah Kota Palu,”.
Palu (antarsulteng.com) – Ketua  DPRD Kota Palu, Iqbal Andi Maga mengatakan hasil pembahasan Laporan Keterangan Pertanggungjawaban (LKPJ) Wali Kota Palu tahun anggaran 2016 oleh DPRD akan dilaporkan ke Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) Perwakilan Sulawesi Tengah.

“Setelah pembahasan laporan LKPJ dinyatakan selesai, selanjutnya hasil pengawasan DPRD itu akan dilaporkan ke BPK Sulteng untuk ditindaklanjuti. Dan BPK akan memberikan opini terhadap hasil pemeriksaan tersebut," kata, Iqbal di Palu, Jumat.

Panitia Khusus (Pansus) LKPJ Wali Kota yang diketuai  Moh. Rum (Fraksi Golkar) dilaporkan masih terus berjalan hingga Jumat (7/4).

Iqbal menilai, diperpanjangnya waktu pembahasan laporan LKPJ itu hingga tiga hari, yang seharusnya berakhir Selasa (4/4), karena dalam rangka mengklarifikasi yang belum sesuai target RPJMD Pemkot Palu.
 
Iqbal mengatakan, ketika seluruh laporan yang sudah dibahas bersama Organisasi Perangkat Daerah  terkait beberapa hal yang menjadi temuan itu mampu diklarifikasi secara detail dan bertanggung jawab, maka pelaksanaan fungsi pengawasan baik internal maupun secara umum dari DPRD Palu dapat dikatakan selesai.

“Jika nanti seluruh pembahasan laporan LKPJ oleh OPD terkait sudah terklarifikasi secara detail, tepat serta efektif,  sesuai RPJMD, berarti kita akan melakukan opini yang sama terhadap sistem pemerintahan itu, bahwa sesuai sasaran yang ditargetkan,” katanya.

Mantan jurnalis itu mengemukakan, hasil pembahasan LKPJ selain dilaporkan ke BPK, juga sebagai tolak ukur bagi capaian program kegiatan OPD sesuai target RPJMD 2016 hingga 2021 yang telah diajukan Wali Kota beserta wakilnya. 

“Jadi, hasil laporan LKPJ ini nanti akan menjadi acuan capaian target RPJMD yang telah diajukan oleh Pemerintah Kota Palu,” katanya.***

Editor: Adha Nadjemudin

COPYRIGHT © ANTARA 2017

Baca Juga