Pemkot Akan Perbaiki 76 Ruas Jalan

id Jalan, Dinas PU

Pemkot Akan Perbaiki 76 Ruas Jalan

Kepala Dinas Pekerjaan Umum Kota Palu Singgih Prasetyo (Foto:Antarasulteng.com/ridwan)

"Tahun ini ada sekitar 76 ruas jalan yang menjadi kewenangan Pemerintah Kota Palu yang akan diperbaiki. Itu sudah termasuk jalan lingkungan," katanya.
Palu (antarasulteng.com) - Pemerintah Kota Palu, Sulawesi Tengah, melalui Dinas Pekerjaan Umum setempat akan memperbaiki 76 ruas jalan di kota itu pada 2017.

Kepala Dinas Pekerjaan Umum Kota Palu Singgi B Prasetyo di Palu, Sabtu, mengatakan 76 ruas jalan yang akan ditingkatkan kualitasnya itu sudah termasuk jalan lingkungan yang tersebar di 46 kelurahan.

"Tahun ini ada sekitar 76 ruas jalan yang menjadi kewenangan Pemerintah Kota Palu yang akan diperbaiki. Itu sudah termasuk jalan lingkungan," katanya.

Tahun ini kata dia, rehabilitasi atau peningkatan kualitas infrastruktur jalan mulai berkurang sebab tahun sebelumnya pemerintah telah menggenjot pembenahan infrastruktur yang ada.

Pada 2016 tercatat 101 ruas jalan telah dilakukan peningkatan kualitas oleh pemerintah kota tersebut."Termasuk jalan lingkungan dan lorong-lorong yang ada," katanya.

Kondisi kemantapan jalan di Kota Palu, kata Singgih, telah melampaui target standar Kementerian Pekerjaan Umum yang hanya 60 persen. Sementara kondisi jalan di Palu sudah mencapai 68,039 persen pada 2016.

Panjang jalan di Kota Palu saat ini 851,558 kilometer dengan ruas jalan sebanyak 1.461 ruas.

Singgih mengatakan peningkatan infrastruktur serta sarana dan prasarana merupakan prioritas Wali Kota dalam rangka meningkatkan pembangunan berkelanjutan di daerah tersebut, sehingga, pembenahan infrastruktur menjadi salah satu bagian penting dan prioritas.

Infrastruktur jalan kata dia, memiliki peran strategis dalam mendukung kegiatan perekonimian.

"Kalau jalan bagus, mobilitas perekonomian tidak terganggu. Sebaliknya, kalau jalan rusak jelas bisa menghambat pertumbuhan ekonomi sehingga Dinas PU sesuai tupoksinya akan melakukan pembenahan ruas-ruas jalan yang rusak," katanya.***3***

(A055)





(T.A055/B/N002/N002) 08-04-2017 14:54:53