Jumat, 28 April 2017

Parigi Moutong Diharapkan Jadi Penunjang Pariwisata Nasional

id festival
Parigi Moutong Diharapkan Jadi Penunjang Pariwisata Nasional
DOKUMEN Festival Pesona Teluk Tomini Kostum Karnaval (carnaval fhasion) bermotif ikan dari Kecamatan Moutong yang diperagakan seorang gadis mendapat sambutan meriah pada acara puncak FPTT di Parigi, sabtu (22/10) (Foto antara / rolex malaha) ()
Parigi,  (antarasulteng.com) - Kementerian Pariwisata menginginkan Kabupaten Parigi Moutong, Sulawesi Tengah, terus berkembang menjadi salah satu daerah penunjang pariwisata nasional.

"Parigi Moutong kami harapkan dapat menjadi salah satu penunjang pariwisata nasional dalam rangka meningkatkan capaian target kunjungan wisatawan mancanegara," kata Tazbir, Asisten Deputi Pengembangan Segmen Pasar Bisnis dan Pemerintah Kemenpar di Parigi, Minggu.

Pada puncak acara Festival Pesona Teluk Tomini (FPTT), Tazbir mengemukakan bahwa pariwisata nasional berangkat dari iven-iven yang dibesarkan dan dikembangkan di daerah-daerah menjadi kegiatan berskala nasional hingga internasional.

Olehnya,lewat pengembangan destinasi wisata prioritas di Kabupaten Parimo, dapat meningkatkan antusiasme pengunjung berkunjung ke daerah tersebut demi kemajuan pariwisata Sulteng dan Indonesia.

"Lewat pengembangan wisata prioritas, maka Parigi Moutong diharapkan dapat meningkatkan jumlah wisatawan domestik dan wisatawan mancanegara," ujarnya.

Ia menilai, Kabupaten Parimo merupakan salah satu daerah tujuan wisata di Sulteng yang telah memiliki pengalaman nasional, dimulai dari iven Sail Tomini pada 2015, dan tahun ini akan menjadi tuan rumah Teknologi Tepat Guna (TTG) berskala nasional pada Oktober 2017.

Berangkat dari iven-iven tersebut, katanya, Kemenpar akan terus berupaya membantu kabupaten itu mempromosikan keunggulan daerah untuk menunjang pariwisata nasional.

"Sebagai mana pesan Menteri Pariwisata, pemerintah daerah harus lebih proaktif, kreatif, serta komunikatif mengadakan iven-iven di daerah," ucapnya.

Selain itu, katanya, lokasi eks Sail Tomini 2015 sangat strategis untuk menggelar kegiatan-kegiatan yang berkaitan dengan sektor kepariwisataan. Selain lahannya yang luas, lokasi eks Sail Tomini di DUsun Kayubura, Kecamatan Parigi Tengah ini memiliki pemandangan alam yang indah serta dilintasi jalan trans Sulawesi.

"Lokasi eks sail Tomini ini strategis, dan menurut kami salah satu terbaik di Indonesia dengan pemandangan laut yang indah serta penataan infrastruktur yang baik, ini bisa menjadi daya tarik pengunjung tinggal bagaimana kita mengemasnya," turu Tazbir.

Ribuan pengunjung

Upacara pembukaan Festival Pesona Teluk Tomini (FPTT) tersebut dipadati ribuan warga sejak Minggu pagi hingga malam hari untuk menyaksikan berbagai acara seni dan budaya serta lomba.

Perhatian pengunjung paling banyak yakni pada lomba dan `grand show` Tomini Fashion Carnival (karnaval pakaian tradisional), serta lomba perahu layar serta hiburan.

Ada juga peresmian proyek-proyek pembangunan jalan, peluncuran program `smart library.`

Salah seorang warga Parigi, Satri Mawan berharap kegiaan seperti ini terus dilaksanakan karena memberikan dampak positif terhadap ekonomi masyarakat.

"Kegiatan ini harus lebih meriah lagi. Kalau kegiatannya meriah jelas membawa keuntungan bagi masyarakat dari sisi ekonomi dan hiburan," ujarnya.  

Editor: Adha Nadjemudin

COPYRIGHT © ANTARA 2017

Baca Juga