Kamis, 19 Oktober 2017

Bupati Sigi Target Bedah Rumah 1.760 Unit

id irwan
Bupati Sigi Target Bedah Rumah 1.760 Unit
Bupati Sigi, Irwan Lapata (portalsulawesi.com)
Tiap desa minimal ada 10 rumah dibedah
Sigi, Sulteng,  (antarasulteng.com) - Bupati Sigi Irwan Lapata menargetkan program bedah rumah di daerah itu pada Tahun Anggaran 2017 mencapai 1.760 unit.

"Tiap desa minimal ada 10 rumah dibedah," katanya di Sigi, Senin.

Bupati Irwan mengatakan bedah rumah tersebut khusus untuk warga yang benar-benar masuk dalam kategori rumah tangga miskin (RTM).

Program dimaksudkan agar RTM bisa mendapatkan rumah yang layak huni.

Anggaran bedah rumah dialokasikan dari Anggaran Pendapatan dan Belanja Desa (APBDes).

Dalam pelaksanaanya, Bupati Irwan berharap bedah rumah dapat dikerjakan dengan baik dan berkualitas. Kualitas bangunan harus menjadi perhatian.

"Jangan sampai asal bangun saja," kata dia.

Bupati Irwan juga mengingatkan kepada para kepala desa untuk mengelola Dana Desa dan Alokasi Dana Desa sesuai dengan peruntukan.

Dana Desa dan Alokasi Dana Desa yang dialokasikan untuk setiap desa, nilainya cukup besar, lebih dari Rp1 miliar.

Oleh karena itu, pemanfaatannya juga harus sesuai dengan kebutuhan masyarakat di masing-masing desa.

Pemerintah berharap dengan adanya bantuan tersebut, berbagai infrastruktur yang selama ini menjadi hambatan dan kendala utama di desa dapat dibangun, seperti jalan usaha tani, jalan desa, saluran air, jembatan, dan kebutuhan publik lainnya.

Melalui program dimaksud, pemerintah berharap dapat meningkatkan perekonomian masyarakat sehingga pembangunan benar-benar dapat dirasakan secara merata dari pusat sampai desa terpencil.

Dia juga mengingatkan para pengelola DD/ADD untuk tidak menyalahgunakan program itu karena jika terbukti akan berhadapan dengan hukum.

"Aparat desa yang menyalagunakan dana akan diproses sesuai hukum yang berlaku. Saya minta jangan coba-coba melakukan korupsi terhadap DD/ADD," kata Bupati Irwan.  

Editor: Adha Nadjemudin

COPYRIGHT © ANTARA 2017

Baca Juga