Wisata Bahari Masih Andalan Manado

id wisata, bahari, bunaken

  Wisata Bahari Masih Andalan Manado

Para penyelam sedang menikmati keindahan bawah air di perairan Pantai Malalayang Manado. (FOTO ANTARA/Basrul Haq)

Manado - Wisata bahari masih tetap menjadi andalan Kota Manado untuk dijual ke tingkat nasional maupun mancanegera, kata pejabat berwenang.

"Taman laut Bunaken dan Pantai Malalayang adalah dua aset wisata kita, karena menjual bahari kota Manado," kata Kepala Dinas Pariwisata dan Budaya Manado Pitter Assa, di Manado.

Ia mengatakan, kalau Bunaken lebih banyak diminati oleh wisatawan mancanegara dan domestik, sedangkan Pantai Malalayang oleh penduduk lokal Manado serta wilayah sekitarnya.

"Namun harus diingat di Pantai Malalayang, bukan hanya lautnya yang kita jual, tetapi tempat tersebut juga menjadi lokasi wisata kuliner juga," kata Assa.

Ia mengakui sebagai kota pesisir pantai, lokasi wisata Malalayang adalah alternatif yang bagus dan murah karena banyak sajian kuliner tradisional khas Manado yang dijual di tempat tersebut.

Namun Assa mengatakan, promosi Bunaken pun dilakukan dengan gencar di mana-mana untuk menarik minat wisatawan datang berkunjung ke daerah ini, termasuk juga menawarkan berbagai potensi wisata lainnya seperti alam pegunungan dan kuliner.      

Salah satu pengunjung Pantai Malalayang mengatakan, lokasi tersebut menjadi alternatif paling utama setiap akhir pekan, karena mudah dijangkau dan biayanya lebih murah.

"Kalau datang ke sini tak perlu buang uang banyak, cukup naik angkot ke arah Malalayang dan membayar dua ribu rupiah sampai dan bisa menikmati pemandangan pantai Manado serta menikmati pengananan khas Manado, yang murah meriah," kata Rina, pengunjung pantai Malalayang. (KR-JHB)