Sabtu, 23 September 2017

Palu Tuan Rumah Pekan Budaya Indonesia

id kota palu
Palu Tuan Rumah Pekan Budaya Indonesia
Kota Palu, Sulawesi Tengah. (Mohammad Hamzah)
Palu, (antarasulteng.com) - Kota Palu Provinsi Sulawesi Tengah menjadi tuan rumah pelaksanaan Pekan Budaya Indonesia (PBI) untuk kampanye budaya dan pembangunan manusia berbasis budaya.

Direktur Warisan dan Budaya Direktorat Jenderal Kebudayaan Kemendikbud Nadjamuddin Ramli menyatakan di Palu, Kamis, pemerintah lewat Kemendikbud telah menetapkan pelaksanaan PBI di Kota Palu pada bulan September 2017.

"Iya, pemerintah telah menyetujui permohonan Pemkot palu dan PBI dipastikan akan dilaksanakan di Kota Palu pada September 2017," ungkap Nadjamuddin Ramli.

Nadjamuddin mengatakan PBI di Kota Palu akan diikuti oleh ratusan kabupaten dan kota serta puluhan provinsi di Indonesia.

Kegiatan tersebut menghadirkan puluhan ribu masyarakat dan pemangku jabatan dan kepentingan dari luar Sulawesi Tengah.

Akan tetapi, kata dia, kegiatan tersebut tidak melibatkan peserta dari luar negeri atau negara lain dalam Pekan Budaya Indonesia.

"Pekan Budaya Indonesia (PBI) sifatnya domestik atau hanya melibatkan nusantara tanpa ada mereka dari luar Indonesia,` akuinya.

sebelumnya Pemkot Palu dibawah kendali Wali Kota Hidayat telah melakukan presentasi di Kemendikbud untuk pelaksanaan kegiatan tersebut.

Dimana, sebut dia, Pemkot Palu akan menggandeng PBI dengan pelaksanaan Festival Palu Nomoni 2017 yang melibatkan berbagai budaya dan khas daerah di timur Indonesia.

"Kegiatan atau pelaksanaan Pekan Budaya Nasional akan dirangkaikan dengan pelaksanaan Festival Palu Nomoni 2017," sebutnya.

Ia mengatakan bahwa kegiatan tersebut untuk merangsang dan mengembalikan peran budaya dalam pembangunan manusia untuk perdamaian.

Selain sebagai kampanye budaya, urai dia, PBI juga akan menjadi momen untuk mempertemukan tokoh-tokoh agama dan budaya di Kota Palu.

Editor: Anas Masa

COPYRIGHT © ANTARA 2017

Baca Juga