Minggu, 30 April 2017

Serangan pimpinan AS di Suriah salah sasaran, tewaskan 18 sekutu

id kurdi
Serangan pimpinan AS di Suriah salah sasaran, tewaskan 18 sekutu
Ilustrasi--Aksi pengeboman di kawasan Aleppo, Suriah, Kamis (22/9) menewaskan 91 orang dan merusak berbagai fasilitas umum. (Reuters)
Washington (antarasulteng.com) - Serangan pasukan koalisi pimpinan Amerika Serikat menghantam sasaran yang salah di Tabqa, Suriah, dan menewaskan 18 milisi Kurdi dan Arab yang merupakan sekutu Washington, kata Pentagon pada Kamis. 

Pasukan koalisi pimpinan AS menghantam posisi para milisi pada Selasa setelah mitra lainnya dalam pertempuran memberikan informasi yang salah. Mitra tersebut mengatakan posisi yang diincar itu diduduki oleh kelompok militan IS, kata Pentagon. 

"Lokasi target sebenarnya adalah posisi tempur Pasukan Demokratik Suriah (SDF)," menurut pernyataan Pentagon. 

SDF sedang bertempur dalam pergerakan untuk mengepung serta merebut kota Raqqa, yang merupakan pangkalan utama operasi IS di Suriah. 

Milisi-milisi sekutu telah mendekati wilayah Tabqa yang dikuasai IS, yang merupakan titik pertempuran hebat, sekitar 40 kilometer sebelah barat Raqqa. 

SDF mengatakan pemimpinnya sedang bekerja sama dengan koalisi untuk menyelidiki insiden salah sasaran itu serta menghindarkan peristiwa serupa terjadi lagi. 

"Di wilayah operasi militer dekat Tabqa dan sebagai dampak dari kesalahan, insiden menyakitkan terjadi" hingga menghilangkan nyawa beberapa orang, kata SDF melalui pernyataan, demikian Reuters.

Editor: Rolex Malaha

COPYRIGHT © ANTARA 2017

Baca Juga