Kapuskes TNI AD Kunjungi Rumkitban Poso.

id kapuskes

Kapuskes TNI AD Kunjungi Rumkitban Poso.

Kapuskes TNI AD Mayjen TNI dr. Bambang, SP.B,MM berserta rombongan dan didampingi Dandim 1307/Poso (Letkol Inf Dody Triyo Hadi, S.Sos) melakukan kunjungan dan peninjauan ke Rumkitban Poso, Jumat(14/4) (ist)

Poso (antarasulteng.com) - Kesiapan Rumah Sakit Bantuan (Rumkitban) Poso milik TNI AD untuk mendukung dan melayani kesehatan prajurit TNI dan masyarakat Poso selama ini dinilai sudah cukup baik walaupun masih dalam mengalami keterbatasan sarana dan prasarana.

Mengingat Kabupaten Poso hingga saat ini masih menjadi daerah konsentrasi pasukan yang terlibat dalam Operasi Tinombala, maka dibutuhkan fasilitas Rumah Sakit yang memadai yang dapat mendukung pelaksanaan tugas operasi Tinombala yang sedang berlangsung.

Oleh karena itu dengan sendirinya fasilitas Rumah Sakit yang ada harus ditingkatkan termasuk Rumkitban Poso.

Peningkatan status Rumkitban Poso menjadi Rumkit TK.IV dijajaran TNI AD sudah menjadi program kerja Pusat Kesehatan TNI AD sejak beberapa tahun yang lalu agar dapat memenuhi kebutuhan kesehatan para Prajurit yang sedang melaksanakan tugas di Kabupaten Poso.

 Hal ini bertujuan agar permasalahan kesehatan baik prajurit organik dan non organik yang ada di Kabupaten Poso dapat ditangani secara langsung tanpa harus merujuk ke RS.Wirabuana yang ada di Kota Palu. 

Untuk memastikan kesiapan peningkatan status tersebut, Kapuskes TNI AD Mayjen TNI dr. Bambang, SP.B,MM berserta rombongan dan didampingi Dandim 1307/Poso (Letkol Inf Dody Triyo Hadi, S.Sos) melakukan kunjungan dan peninjauan ke Rumkitban Poso. Kedatangan Kapuskesad ini disambut dengan Tarian adat Pekasiwia ciri khas adat Poso untuk menyambut tamu-tamu kehormatan.

Dalam acara tatap muka dengan seluruh personel Rumkitban Poso, Kepala Puskesad Mayjen TNI dr. Bambang, SP,Bd., MM mengucapkan terima kasih kepada seluruh personil Rumkitban yang telah melaksanakan tugas pokok dengan baik selama ini khususnya dalam membantu penanganan kesehatan seluruh Prajurit yang sedang terlibat Ops Tinombala, tugas pokok ini hanya dapat tercapai apabila seluruh personil memahami  mekanisme hubungan kerja satu dengan lainnya.

Menurutnya tugas pokok Rumah Sakit adalah memberikan pelayanan yang terbaik kepada seluruh prajurit beserta keluarganya serta  masyarakat yang ada disekitar  lingkungannya, oleh karena itu setiap personil yang ada harus mampu melaksanakan tugas-tugas sesuai fungsinya dengan baik. Kerjasama dan saling mendukung satu dengan lainnya mutlak harus dilakukan karena tanpa bekerjasama niscaya tugas berat itu akan berhasil, jelas Kapuskesad.

Semoga dengan dimasukkannya peningkatan Status Rumkitban ini ke dalam program kerja Pusat Kesehatan TNI AD, Rumkitban ini dapat lebih maksimal dalam melaksanakan tugas pokoknya untuk memberikan pelayanan kesehatan baik terhadap prajurt beserta keluarganya yang ada di Kab Poso ini.

Dalam kunjungan kerjanya di Kabupaten Poso ini Kapuskesad didampingi oleh Kakesdam XIII/Mdk, Dandenkesyah Palu, Dandim 1307/PS, Karumkitban Poso dan Dokter Satgas Tinombala.