PDIP Berduka Atas Meninggalnya Ondos

id ondos, tjahjo, kumolo, PDIP

  PDIP Berduka Atas Meninggalnya Ondos

Tjahjo Kumolo

 Jakarta - Sekjen DPP PDIP Tjahjo Kumolo menyatakan, pihaknya sangat berduka atas meninggalnya salah seorang kader PDIP terbaik yang juga anggota Komisi I DPR RI, Theodorus Jacob Koekerits (Ondos) dalam satu kecelakaan mobil di Sidoarjo, Jawa Timur.

"Kita di PDI Perjuangan sangat kehilangan sosok yang bersahaja dan pekerja pemikir partai," ujar Tjahjo di Jakarta, Senin.

Menurut Tjahjo, dirinya masih sempat berjumpa dengan almarhum pada Kamis (20/9) sore di DPP PDIP saat bersama-sama dengan Ketua Umum PDIP Megawati Soekarnoputri mengucapkan selamat atas kemenangan Jokowi-Ahok dalam Pilkada DKI.

"Kebetulan pula almarhum ini teman di Komisi I DPR dan seringkali duduk bersebelahan dengan saya," ujar Tjahjo.

Dia mengeemukakan bahwa Ondos adalah sosok yang pendiam dan serius, tetapi ketika partai atau fraksi memberikan tugas kepadanya selalu cepat diselesaikan.

"Dia juga kader partai yang sangat peduli dan selalu turun ke bawah, khususnya di dapilnya Jawa Timur," ujarnya seraya menjelaskan bahwa almarhum pernah mengemukakan cita-citanya agar dipindahkan dari Komisi I ke Komisi VII karena sesuai dengan kapasitasnya sebagai ahli geologi dari ITB.

Secara terpisah, Sekretaris FPDIP DPR RI Bambang Wuryanto mengatakan bahwa Fraksi PDIP sangat kehilangan sosok Ondos yang merupakan seorang politisi pemikir sekaligus pejuang.

"Dia adalah politisi pejuang sekaligus pemikir. Pemikir pejuang yang tahu apa yang harus dikerjakan bagi sebuah perjuangan ide," ujarnya.

Di Fraksi PDIP, hingga akhir hayatnya Ondos menjabat sebagai Wakil Sekretaris Fraksi PDIP DPR. Almarhum meninggal dunia setelah terjadi kecelakaan mobil di Sidoarjo, Jatim, pada Senin dinihari (24/9). (D011)