Donggala Siapkan Dokter Khusus Untuk Nelayan

id donggala

Donggala Siapkan Dokter Khusus Untuk Nelayan

Dr.dr. Annisa Anwar Mutakhir (Muhammad Hajiji/antarasulteng.com)

Donggala,  (antarasulteng.com) - Pemerintah Kabupaten Donggala, Sulawesi Tengah, segera menyediakan dokter khusus yang akan bekerja menangani kesehatan para nelayan di daerah itu.

Bupati Donggala Kasman Lassa yang dihubungi di Donggala, Jumat, mengatakan bahwa dalam waktu dekat ia akan mengeluarkan surat keputusan tentang dokter khusus nelayan, agar pelayanan kesehatan nelayan lebih maksimal.

Kasman menyebut bahwa dokter khusus nelayan penting untuk diangkat pemerintah untuk memberikan arahan dan pembinaan kesehatan secara berkesinambungan.

"Kalau sudah ada dokter khusus, maka nelayan akan dengan mudah melakukan konsultasi kesehatannya," ujarnya.

Sebelumnya Kepala Dinas Perikanan Kabupaten Donggala Ali Assegaf telah mengangkat dr. Annita Anwar Mutakhir sebagai dokter khusus nelayan di daerah tersebut.

"Sampai saat ini dr. Annita Anwar Mutakhir telah melakukan penanganan khusus nelayan sekalipun belum mendapatkan surat keputusan," katanya.

Pembinaan nelayan di Donggala, kata Ali Assegaf, tak terbatas pada usaha meningkatkan pendapatan mereka tetapi juga aspek sosial seperti masalah kesehatan, mengingat lingkungan kerja mereka yang khas yakni di tengah laut.

Sementara dr. Annita Anwar Mutakhir mengaku siap untuk melaksanakan tugas dan fungsinya sebagai dokter khusus nelayan.

Ia mengaku telah melakukan kerja-kerja penanganan kesehatan nelayan termasuk menangani nelayan Mohammad Ali yang mengalami kecelakaan kerja sehingga patah lengan atau cacat tetap terbuka.

"Saya sangat bangga dan senang dipercayai atau diberikan amanah untuk mengabdi di Kabupaten Donggala sebagai dokter nelayan," ucapnya.