Orang tertua di dunia meninggal pada usia 117 tahun

id orang

Orang tertua di dunia meninggal pada usia 117 tahun

Emma Morano ( REUTERS/Alessandro Garofalo)

Jakarta (antarasulteng.com) - Emma Morano, yang tercatat sebagai orang tertua di dunia, meninggal dalam usia 117 tahun, Sabtu (15/4).

Carlo Bava, dokter yang menangani Morano selama 27 tahun mengatakan, pasiennya itu menghembuskan napas terakhirnya dalam posisi duduk di kursi rumahnya, di Verbania, tepi Danau Maggiore, Italia. Bava kali terakhir mengunjungi Moran, Jumat (14/4). 

Dia mengaku saat itu sempat berbincang dan memegang tangan Morano, seperti yang biasanya. "Dia berterimakasih pada saya dan memegang tangan saya," ungkap Bava.

Morano lahir pada 29 November 1899 di Civiasco, wilayah Piedmont, Italia utara. Merupakan tahun yang sama, saat Guglielmo Marconi kali pertama menransmisikan sinyal radio melintasi Selat dan empat tahun sebelum Wright bersaudara "menggapai" angkasa. 


Baca juga: (Orang tertua di dunia rayakan ulang tahun ke-117)


Morano juga merasakan hidup selama dua perang dunia (perang dunia pertama dan kedua), serta menyaksikan lebih dari 90 pemerintahan Italia. Dia menyaksikan dan merasakan referendum mendasar Italia menjadi Republik Italia pada 2 Februari 1946, menandai akhir kekuasaan Raja Victor Emmanuel III.

Pada hari ulang tahun terakhirnya, dia sempat menceritakan pengalaman hidupnya, mulai dari Perang Dunia I dan II, pekerjaannya di pabrik pembuatan karung goni dan keputusannya bercerai dari suami yang kasar. 

Keputusan Morano bercerai dari suaminya, pada 1938 tak lama setelah kematian anaknya yang saat itu berusia tujuh bulan.

Pada usia 20 tahun, dokter mendiagnosa Morano mengidap anemia dan pola makan (dua telur mentah dan sedikit daging cincang mentah) bisa memperbaiki kesehatannya. Bava mengatakan Morano jarang mengonsumsi buah dan sayuran. 

“Ketika saya pertama kali bertemu dia, dia makan tiga telur sehari, dua telur mentah di pagi hari dan satu butir telur dadar di siang hari. Kemudian ayam untuk makan malam," kata dia. 

Selama bertahun-tahun Morano bekerja sebagai juru masak di sebuah asrama hingga memasuki pensiun di usia 75 tahun. Morano secara resmi diakui sebagai orang tertua di dunia setelah Susannah Mushatt Jones meninggal di New York pada Mei tahun lalu.

Selain Morano, anggota keluarganya yang lain juga tercatat berumur panjang. Ibunya, seorang bibi dan beberapa saudara Morano mencapai usia 90 tahun, salah satunya Angela Morano yang meninggal pada usia 102 tahun. 

Morano menjadi orang tertua di Italia dan Eropa setelah kematian Maria Redaelli pada awal 2013. Demikian seperti dilansir the Guardian.

Penerjemah: Lia Wanadriani Santosa