Minggu, 20 Agustus 2017

Dana Desa Belum Masuk Kas Pemda Poso

id Poso
Dana Desa Belum Masuk Kas Pemda Poso
Kepala Badan Keuangan dan Aset Daerah Noly Tandawuya (kedua kiri) (Antarasulteng.com/Istimewa)
Para kades berharap Dana Desa dan ADD bisa segera dicairkan
Poso (antarasulteng.com) – Pemerintah Kabupaten Poso hingga saat ini belum menerima transferan Dana Desa Tahun 2017 dari pemerintah pusat.

Kepala Badan Keuangan dan Aset Daerah Pemkab Poso Noly Tandawuya memperkirakan dana desa baru akan masuk kas Pemda pada Mei 2017.
 
"Hingga saat ini belum ada dana desa yang masuk di Keuangan Pemda Poso, ya kemungkinan bulan Mei nanti, kita menunggu saja," ujarnya di Poso, Senin.
 
Dana Desa 2017 untuk Poso yang bersumber dari APBN itu senilai Rp102,3 miliar, naik dibanding tahun 2016 sebanyak Rp87 miliar. Sementara proses pencairan dilakukan dua tahap yakni tahap pertama 60 persen dan tahap kedua 40 persen.
 
Sementara untuk dana Alokasi Dana Desa (ADD) yang bersumber dari APBD Poso juga mengalami kenaikan dari Rp68 miliar pada 2016 menjadi Rp143 miliar tahun ini.

Menurut Noly, untuk dana ADD telah siap dicairkan ke 142 desa, namun masih menunggu pengajuan APBdesa dari setiap desa.
 
"Kalau dana ADD sudah siap di kas daerah saat ini, namun kami masih menunggu APBDes dari seluruh desa sebagai syarat pencairannya," katanya.
 
Sejumlah kepala desa berharap Dana Desa dan ADD 2017 dapat dicairkan dalam waktu dekat agar program yang telah disiapkan bisa segera direalisasikan. 

Akibat lambatnya pencairan dana desa tersebut, sejumah perangkat desa mulai menurun aktivitas untuk bekerja, selain itu proses pembangunan di desa tertunda dengan seluruh program yang telah disepakati di musyawarah desa.  

Editor: Rolex Malaha

COPYRIGHT © ANTARA 2017

Baca Juga