Kamis, 24 Agustus 2017

Kapolda Sulteng Komitmen Berantas Narkoba Dari Dalam

id kapolda
Kapolda Sulteng Komitmen Berantas Narkoba Dari Dalam
Kapolda Sulteng Brigjen Pol Rudy Sufahriadi (Antarasulteng.com/Chandra)
Saya akan lakukan penindakan jika ada anggota yang terbukti, karena itu saat ini sedang digencarkan dilakukan tes urine untuk semua anggota di Polres se-Sulteng
Palu, (antarasulteng.com) - Kapolda Sulawesi Tengah Brigjen Polisi Rudy Sufahriadi membuktikan komitmennya untuk memberantas penyalahgunaan narkoba di daerah ini yang dimulai dari dalam diri anggota kepolisian.

"Saya akan lakukan penindakan jika ada anggota yang terbukti, karena itu saat ini sedang digencarkan dilakukan tes urine untuk semua anggota di Polres se-Sulteng," katanya di Palu, Selasa.

Kapolda menegaskan bahwa komitmen awal yang disampaikankannya bahwa akan melakukan pembersihan secara internal Polri.

Terkait dengan ditemukannya tiga orang anggota Polisi Perairan Polres Donggala yang positif mengunakan narkoba, Kapolda menyatakan mereka saat ini dalam proses penyidikan lebih lanjut sesuai dengan hukum berlaku.

"Kalu dia pengedar kita akan proses hukum, tapi kalau hanya pengguna kita akan perbaiki, namun jika tetap tidak bisa, maka akan diproses sesuai dengan aturan," katanya tegas.

Salah satu upaya yang akan dilakukan adalah proses rehabilitasi. Karena dari hasil pemeriksaan sementara, status mereka hanya sebatas pengguna.

"Yang membuktikan hanya tes urine, tetapi kalau ketemu barang bukti, pasti akan ditindak tegas," ujarnya lagi.

Hal lain yang juga sedang diselidiki yakni asal usul narkoba tersebut yang masuk ke anggota Polri.

Sementara itu, Kapolres Parigi Moutong AKBP M. Ridwan mengatakan jajaran kepolisian di wilayahnya tidak akan memberikan peluang terhadap penyalahgunaan narkoba.

"Itu merupakan perintah yang harus dilaksanakan karena Presiden Joko Widodo sudah menyatakan perang terhadap narkoba," ujarnya.

Hal senada disampaikan Direktur Polairud Polda Sulteng Kombes Polisi Fauzi Bakti bahwa pihaknya terus menggalakan anti terhadap penyalahgunaan Narkoba. Kata dia, dalam kegiatan rapat kerja teknis (Rakernis) Polairud di Palu, Selasa, dilakukan tes urine mendadak, bagi 98 personil termasuk dirinya sendiri.

"Alhamdulillah, semuanya negatif menggunakan narkoba," ungkapnya.

Sebelumnya Kepala Satuan Polisi Perairan (Kasat Polair) Polres Donggala, Iptu AR diketahui positif menggunakan narkotika jenis sabu-sabu sehingga dicopot dari jabatannya.

Hal itu terungkap usai dilakukan tes urine oleh petugas gabungan dari Bidang Dokkes dan Bidang Profesi dan Pengamanan (Propam) Polda Sulteng. 

Editor: Rolex Malaha

COPYRIGHT © ANTARA 2017

Baca Juga