Jumat, 28 April 2017

Hari Kartini Diperingati Dengan Penghijauan

id kartini
Hari Kartini Diperingati Dengan Penghijauan
ILustrasu Penanaman bibit pohon di bantaran Sungai Desa Sunju, Kabupaten Sigi, Rabu (22/3). Penanaman pohon yang digagas Balai Wilayah Sungai Sulawesi (BWSS) ANTARASulteng/Mohamad Hamzah
Sigi, Sulteng,  (antarasulteng.com) - Pemerintah Provinsi Sulawesi Tengah menggelar penghijaun berupa penanaman berbagai pohon produktif memperingati Hari Kartini ke-138 Tahun 2017 di Bumi Perkemahan Bukit Suharto, Desa Kapopo, Kecamatan Sigi Biromaru, Kabupaten Sigi, Selasa.

Gubernur Sulteng Longki Djanggola yang diwakili Staf Ahli Bidang Ekonomi, Pembangunan dan Kesra Rusdi Rioeh mengatakan peringatan hari bersejarah itu tidak hanya sebatas acara seremonial belaka.

Namun yang harus dilakukan pada momentum peringatan itu adalah yang bermanfaat bagi semuruh masyarakat.

Dia mencontohkan kegiatan penanaman pohon penghijauan dapat menjadi pelindung yang mampu mengurangi panas bumi. Selain itu dapat membiasakan masyarakat untuk selalu menjaga, memelihara lingkungan yang sejuk, bersih dan sehat bagi kehidupan kita semua sepanjang masa.

"Ini bukan hal baru, tetapi terus dilakukan jika ada perayaan hari-hari besar dan bersejarah di Indonesia," ungkapnya.

Dia berharap dengan kegiatan tersebut masyarakat selalu peduli terhadap potensi sumber daya alam yang dimiliki, baik sumber daya hutan, lahan, air, udara serta kondisi lingkungan hidup yang dapat dipertahankan, bahkan dikembangkan keberadaannya.

Kegiatan itu, kata dia, juga merupakan wujud kepedulian kartini-kartini modern akan pentingnya kelestarian lingkungan yang harus dibina dan dikembangkan, sehingga kartini-kartini Sulawesi Tengah semakin peduli akan pentingnya lingkungan hidup yang baik.

Kemudian dengan penuh kesadaran dapat berperan aktif memanfaatkan sebaik-baiknya setiap jengkal tanah pekarangan untuk perbaikan pendapatan keluarga dan merehabilitasi fungsi lahan kritis menjadi lahan yang subur.

Cita-cita RA Kartini ingin membangkitkan semangat emansipasi perempuan di segala bidang pembangunan, mulai dari bidang pendidikan, kesehatan, sosial, budaya, ekonomi, politik, hukum dan lingkungan.

Semangat itu, kata dia, diangkat menjadi tema peringatan kartini yaitu dengan semangat kartini kita galang bersama kreatifitas dan kemandirian ekonomi bagi perempuan di Sulawesi Tengah.  

Editor: Rolex Malaha

COPYRIGHT © ANTARA 2017

Baca Juga