Rabu, 26 April 2017

DPRD Dukung Pembangunan Jembatan Palu V

id jembatan
DPRD Dukung Pembangunan Jembatan Palu V
Ilustrasi(antaranews)
Palu,  (antarasulteng.com) - Ketua DPRD Kota Palu Iqbal Andi Maga mendukung rencana Pemerintah Kota Palu membangun Jembatan Palu V untuk memperlancar arus transportasi antara dua wilayah kota yang dibelah Sungai Palu.

"Pembangunan Jembatan V itu akan mengurangi kemacetan dan memberikan alternatif baru jalur transportasi dari wilayah Palu Barat ke Palu Timur dan sebaliknya," katanya saat dihubungi di Palu, Kamis.

Rencana pembangunan Jembatan V yang melintasi Sungai Palu dengan panjang sekitar 100 meter tersebut, menurut Igbal, sudah mendesak dilakukan untuk mengantisipasi semakin tingginya laju pertumbuhan arus transportasi di dalam kota.

Meskipun saat ini tingkat kemacetan lalulintas di Kota Palu belum separah kota besar lain di Indonesia, namun langkah-langkah antisipasi seperti itu sudah harus dimulai karena kemacetan sudah kian terasa.

Menurut politisi Partai Golkar tersebut, empat jembatan beton dan satu jembatan gantung yang menghubungkan Palu Timur dan Palu Barat saat ini sudah tidak memadai lagi, apalagi otoritas lalulintas memberlakukan jalur satu arah pada dua jembatan tersebut sehingga tidak efisien bagi pengguna jalan.

"Jangan sampai kemacetan sudah parah baru mau memikirkan langkah penanganan, yang kelabakan nanti pemerintah sendiri untuk mengurai kemacetan itu," tutur mantan jurnalis itu.

Jembatan Palu V rencananya dibangun dari Jalan Anoa II Kelurahan Tatura, Kecamatan Palu Selatan ke Jalan Jati, Kelurahan Nunu, Kecamatan Tatanga.

Namun Iqbal meminta Pemkot Palu mempertimbangkan ulang lokasi pembangunan jembatan tersebut, karena kalau jalur itu yang dipilih, maka proyek ini akan butuh dana besar sebab harus membebaskan lahan masyarakat yang cukup luas.

"Mengapa pemkot tidak meningkatkan saja jembatan gantung yang menghubungkan Kelurahan Lolu Selatan, Kecamatan Palu Timur dan Kelurahan Nunu, Kecamatan Tatanga. Saya kira ini lebih efisien," ujarnya.

Sebelumnya Wali Kota Palu Hidayat mengatakan kepada wartawan bahwa pihaknya bakal merealisaikan pembangunan Jembatan Palu V yang sudah digagas sejak beberapa tahun lalu.

"Pembangunan Jembatan Palu V ini menjadi perhatian kami, Insya Allah bisa segera diwujudkan," kata Hidayat namun tidak memastikan kapan rencana itu dilaksanakan kecuali mengemukakan bahwa proyek ini masih dalam kajian mendalam dari berbagai aspek. 

Editor: Adha Nadjemudin

COPYRIGHT © ANTARA 2017

Baca Juga