Selasa, 26 September 2017

Lomba dan Aksi Sosial Ramaikan Peringatan Hari Kartini

id HARI KARTINI
Lomba dan Aksi Sosial Ramaikan Peringatan Hari Kartini
Staf ahli Bidang Pemerintahan Setda Sulteng, Mohammad Hidayat Lamakarate sedang mencicipi hasil lomba menghias tumpeng secara kreatif. (www.antarasulteng.com/Istimewa)
Ini bukan hanya ajang kompetisi, tetapi dapat menjadi nilai ekonomi bagi kaum perempuan untuk meningkatkan kesejahteraan keluarga
Palu, (antarasulteng.com) – Pemerintah Provinsi Sulawesi Tengah menggelar lomba menghias tumpeng secara kreatif dan aksi sosial donor darah, dalam rangkaian peringatan Hari Kartini ke-138 di Kantor Gubernur Sulteng, Kamis.

Gubernur Sulteng, Longki Djanggola yang diwakili oleh staf ahli Bidang Pemerintahan, Mohammad Hidayat Lamakarate mengatakan lomba tersebut dapat memberikan motivasi bagi kaum perempuan, untuk menciptakan menu kreatif berbasis makanan lokal.

“Ini bukan hanya ajang kompetisi, tetapi dapat menjadi nilai ekonomi bagi kaum perempuan untuk meningkatkan kesejahteraan keluarga,” katanya.

Kata dia, saat ini masyarakat didorong untuk selalu memilih mengonsumsi komoditi pangan lokal dari pada pangan impor, karena komoditi asli daerah tidak kalah kualitasnya dengan komoditi impor.

“Saya berharap, peserta dapat meningkatkan keterampilan dalam mengolah aneka ragam bahan pangan untuk memenuhi kebutuhan nutrisi keluarga,” harap Hidayat.

Menurut dia, yang paling penting adalah anak-anak Balita yang masih dalam masa pertumbuhan untuk mendapatkan gizi yang seimbang. Sehingga mereka nantinya dapat menjadi kartini masa depan yang cerdas, berkualitas dan berdaya saing.

Hari Kartini di Sulteng mengusung tema, dengan semangat Kartini kita galang bersama kreatifitas dan kemandirian ekonomi bagi perempuan di Sulawesi Tengah.

Hal itu kata Hidayat, sejalan dengan cita-cita R.A Kartini yang ingin membangkitkan semangat emansipasi perempuan di segala bidang pembangunan, mulai dari bidang pendidikan, kesehatan, sosial, budaya, ekonomi, politik, hukum dan lingkungan.

Terkait dengan aksi sosial donor darah kata Hidayat, merupakan bentuk kegiatan yang bertujuan mulia, untuk menyelamatkan nyawa manusia. Sebab kata dia, setetes darah sehat yang disumbangkan laksana setetes air kehidupan bagi yang menerima.

“Setetes darah yang disumbangkan, akan memberikan manfaat kesehatan bagi pendonornya, apalagi bila donor darah itu dilakukan secara teratur dan berkesinambungan,” tutup Hidayat. (FZI)

Editor: Adha Nadjemudin

COPYRIGHT © ANTARA 2017

Baca Juga