Jumat, 20 Oktober 2017

Dinkes Sulteng Siapkan Tiga Ambulans Gratis

id ambulans
Dinkes Sulteng Siapkan Tiga Ambulans Gratis
Mobil Ambulans (ANTARA FOTO)
Palu,  (antarasulteng.com) - Dinas Kesehatan Provinsi Sulawesi Tengah menyiapkan tiga mobil ambulans beserta dokter gratis untuk mengurai terjadi penumpukan pasien pada salah satu rumah sakit rujukan di Kota Palu.

"Kami akan mengurai jika ada tumpukan pasien. Kami cari rumah sakit yang kosong. Ini kami lakukan agar tidak ada rumah sakit yang sesak dengan pasien," kata Kepala Dinas Kesehatan Provinsi Sulteng dr Ansyari Arsyad, pada dialog publik perlindungan konsumen pelayanan dokter dan rumah sakit, di Palu, Kamis.

Dia mengatakan selama ini sering terjadi penumpukan pasien di salah satu rumah sakit rujukan di Kota Palu. Pasien tersebut berasal dari kabupaten terdekat karena rumah sakit di kabupaten belum memadai.

"Nanti kami akan tingkatkan status rumah sakit di kabupaten," katanya lagi.

Ansyari mengatakan Dinas Kesehatan tengah menggiatkan akreditasi puskesmas dan rumah sakit di kabupaten/kota, sehingga puskesmas yang masih kekurangan dokter, para medis maupun sarana kesehatan akan ditingkatkan.

Terkait pelayanan rumah sakit maupun dokter, kata dia, telah melalui berbagai tahapan dan aturan sehingga upaya perbaikan pelayanan terus dilakukan.

"Sebelum jadi dokter saja sudah melalui uji kompetensi. Bahkan ada yang sampai delapan kali ikut uji kompetensi baru lulus. Sebelum dia berpraktik juga ada proses yang dilalui," katanya pula.

Demikian halnya di rumah sakit, kata Ansyari, juga diberlakukan standar pelayanan, ada hak pasien yang harus dipatuhi.

"Ada 18 kewajiban rumah sakit yang harus dipatuhi," kata dia.

Begitu pula dalam pengawasan internal maupun eksternal sudah ada dewan pengawas.

Ansyari menyatakan jika ada keluhan terkait kinerja rumah sakit maupun pelayanan dokter dapat mengadukannya ke dewan pengawas. (skd)

Editor: Adha Nadjemudin

COPYRIGHT © ANTARA 2017

Baca Juga