Lin Dan pastikan diri ke kejuaraan Glasgow 2017

id lindan

Lin Dan pastikan diri ke kejuaraan Glasgow 2017

Lin Dan (ANTARA FOTO)

Jakarta (antarasulteng.com) - Pebulutangkis China Lin Dan membuat langkah besar pada hari Kamis (20/4) lantaran berhasil menuju ke babak kualifikasi Kejuaraan Dunia Bulu Tangkis 2017 di Glasgow, Skotlandia, setelah menembus babak perempat final turnamen China Masters 2017.

Berdasarkan laman resmi Federasi Bulu Tangkis Dunia (BWF), pemain di urutan 10 itu menuju Glasgow. Juara dunia lima kali tersebut berada di belakang tiga pemain rekan senegara, Shi Yuqi di peringkat lima, Chen Long (7) dan Tian Houwei (8).

Lin Dan yang lolos ke perempat final China Masters telah memberikan cukup poin baginya untuk melampaui setidaknya salah satu dari mereka yang masuk daftar peringkat yang diperbaharui BWF pada Kamis (27/4), dan akan digunakan untuk memastikan siapa yang berhak bertanding di babak kualifikasi Kejuaraan Dunia Bulu Tangkis di Glasgow.

Satu anggota BWF dapat saja menempatkan empat pemainnya dalam satu kategori, jika keempatnya berada di peringkat delapan teratas, atau tiga pemain jika mereka di peringkat 24 besar.

Lin saat ini memiliki 55.554 poin, lebih sedikit 3.232 poin di belakang Tian Houwei, 3.496 poin di belakang Chen Long dan 8.825 poin di belakang Shi Yuqi. Tian bermain di China Masters, namun Shi Yuqi dan Chen Long tidak ikut serta.

Lin dan Tian berada di perempat final China Masters, sehingga setidak-tidaknya mereka mendapat tambahan 3.850 poin, yang akan membantu Lin menyalip Chen, namun masih berjarak 14 poin dengan Tian.

BWF mengatur penghitungan poin didasarkan pada sepuluh penampilan terbaik sejak awal periode kualifikasi.

Jika Tian menang dalam pertandingan berikutnya untuk memasuki semifinal, maka dia juga akan menyusul Chen. Bila mana hal itu terwujud, maka juara dunia dua kali itu mungkin absen pada babak kualifikasi.

Namun, BWF mengatur bahwa kepastian dari peserta dengan asumsi mereka telah memenuhi kriteria lain adalah hak prerogatif dari masing-masing anggota federasi, dalam hal ini Asosiasi Bulutangkis China.

Skenario terbaik untuk China adalah bahwa keempat pebulu tangkis China tersebut lolos kualifikasi karena berada di peringkat delapan teratas menuju Glasgow. (skd)