Hana Maharani: Pandai berbagi peran kunci menjadi Kartini modern

id kartini

Hana Maharani: Pandai berbagi peran kunci menjadi Kartini modern

Hana Maharani Head of Communication Nissan Motor Indonesia (NMI). ( ANTARA News/HO)

Jakarta (antarasulteng.com) - Hal utama yang harus dilakukan kaum wanita yang meniti karir sekaligus menjadi ibu dalam keluarga adalah harus pandai dalam membagi waktu dan peran di dua dunia yang berbeda itu.

Hana Maharani selaku Head of Communication Nissan Motor Indonesia (NMI) mengatakan bahwa "Kartini modern" adalah wanita yang memiliki sarana aktualisasi diri lewat bekerja atau berkarya, namun tetap menjalankan perannya sebagai ibu di dalam keluarga.

"Memang terdengar klise, tapi itulah yang sebenarnya terjadi. Pada saat di luar menjalankan peran sebagai sosok mandiri, namun saat di rumah menjalankan peran lain, sebagai ibu," kata Hana kepada Antara News, Kamis (20/4).

Selain berbagi peran, Hana menilai kesuksesan wanita dalam berkarir juga ditopang dengan dukungan dan pengertian dari keluarga dan suami.

"Menurut saya, jaman sekarang Kartini modern tidak akan tercapai jika tidak ada dukungan dari pasangan. Sekarang sudah banyak pria Indonesia yang terbuka bahwa wanita sudah maju dan bisa mengaktualisasi diri," kata dia.

"Tidak pernah mendapat komplain dari keluarga karena semua sudah tampak alami. Saya terbiasa beraktivitas sejak kuliah, dan lulus langsung bekerja, jadi terbiasa menjalani hal ini," kata Hana.

Hana pernah bergabung dengan Toyota Astra Motor sejak 2002 kemudian melanjutkan karirnya di Nissan Motor Indonesia pada 2012 hingga sekarang. Selama belasan tahun di perusahaan otomotif, Hana menilai perempuan dan laki-laki memiliki tantangan yang sama.

"Tantangan laki-laki dan perempuan, harus bisa men-challenge diri. Karena industri otomotif sangat kompetitif dan dinamis sehingga pengetahuan terus diperkaya dan teknologi pun terus berkembang," pungkas Hana. (skd)