Kontingen IAIN Diharap Santun Selama PIONIR Aceh

id zainal

Kontingen IAIN Diharap Santun Selama PIONIR Aceh

Kontingen IAIN Palu PIONIR VIII

Semua harus memperlihatkan tata krama yang baik, akhlak yang baik, harus santun kepada setiap orang mulai dari perjalanan sampai ke Banda Aceh hingga balik ke IAIN Palu
Palu,  (antarasulteng.com) - Rektor Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Palu Prof Dr H Zainal Abidin M.Ag meminta kontingen perguruan tinggi tersebut menjaga dan memperlihatkan kesantunan selama mengikuti Pekan Ilmiah Olahraga Seni dan Riset (PIONIR) VIII di Universitas Islam Negeri (UIN) Arraniry, Banda Aceh.

"Semua harus memperlihatkan tata krama yang baik, akhlak yang baik, harus santun kepada setiap orang mulai dari perjalanan sampai ke Banda Aceh hingga balik ke IAIN Palu," kata Prof Zainal Abidin saat melepas kontingen PIONIR IAIN Palu, Jumat.

Menurut Zainal Abidin, atlet dan official harus pandai menghargai dan merendahkan hati serta mengalah kepada setiap orang atau lawan dalam pertandingan pada PIONIR VIII di Aceh.

Pakar pemikiran Islam modern itu meminta agar peserta atau kontingen menghargai dan menjunjung tinggi budaya yang berlaku dan dianut oleh masyarakat di Aceh.

Prof.Zainal juga menekankan agar peserta serius dalam berlomba untuk meraih prestasi yang baik dan maksimal sesuai dengan harapan perguruan tinggi tersebut.

"Selain harus berakhlak, bertata krama serta sopan dan santun. Atlet harus menunjukkan prestasi di semua cabang olahraga, seni dan riset," ujarnya.

Rektor juga menekankan tentang sportifitas atau kejujuran yang harus diemban oleh kontingen IAIN Palu dalam berlomba di kampus UIN Ar-Raniry.

Terkait hal itu Ketua Kontingen IAIN Palu Dr. Muhtadin Dg Mustafa menyatakan bahwa jumlah peserta terdiri dari official 18 orang dan atlet 56 dengan total 75 orang yang akan berangkat ke Provinsi Banda Aceh.

IAIN Palu, sebut dia, akan berupaya untuk mencapai prestasi terbaik dari sebelumnya sebagai tuan rumah Pionir VII yang mendapat juara umum II.

"Kita berupaya untuk mencapai prestasi terbaik, IAIN Palu pada PIONIR VII tahun 2015 meraih juara umum II yang saat itu sebagai tuan rumah," sebutnya.

PIONIR VIII di UIN Arraniry Banda Aceh di ikuti 56 perguruan tinggi keagama Islam negeri dibawah naungan Kementerian Agama RI, yang akan dilaksanakan mulai tanggal 26 April-1 Mei 2017, dibuka secara langsung oleh Menteri Agama Lukman Hakim Saifuddin. (skd)