IKM di Sulut Capai 23 Ribu

id IKM, Manado

IKM di Sulut Capai 23 Ribu

Ilustrasi (antara)

"23 ribu IKM ini tersebar di 15 kabupaten dan kota di Sulut," kata Kepala Bidang Fasilitasi Pengembangan IKM Dinas Perindustrian dan Perdagangan Provinsi Sulut Alwy Pontoh
Manado (antarasulteng.com) - Industri Kecil Menengah (IKM) yang ada di Provinsi Sulawesi Utara (Sulut) diperkirakan telah mencapai sekitar 23.000 usaha yang tersebar di seluruh daerah teraebut.

"23 ribu IKM ini tersebar di 15 kabupaten dan kota di Sulut," kata Kepala Bidang Fasilitasi Pengembangan IKM Dinas Perindustrian dan Perdagangan Provinsi Sulut Alwy Pontoh di Manado, Sabtu.

Dari 15 kabupaten dan kota di Sulut, IKM paling banyak di Kota Manado yang menjadi ibukota provinsi. Yang lain tersebar di Kota Bitung, Kota Tomohon, Kabupaten Minahasa Utara, Kabupaten Minahasa, Kabupaten Minahasa Selatan, Kabupaten Minahasa Tenggara.

Ia menjelaskan IKM di Sulut paling banyak memproduksi pangan baik sektor pertanian, perikanan, peternakan maupun perkebunan.

Ia mengatakan dan hampir setiap tahun pemerintah akan memfasilitasi sekitar 1.000 IKM baik yang baru bertumbuh maupun wirausaha baru.

Pemerintah berupaya menaikkan kelas bagi IKM yang sudah layak menjadi usaha kecil dari usaha mikro, dan menjadi usaha menengah dari usaha kecil.***