Sulteng Raih Anugerah Pangripta Nusantara Dari Bappenas

id Pemprov

Sulteng Raih Anugerah Pangripta Nusantara Dari Bappenas

Gubernur Sulteng Longki Djanggola (tengah), Ketua Bappedda Sulteng Prof. Dr Patta Tope (kanan) dan Bupati Sigi Irwan Lapatta, usai menerima Anugrah Pangripta Nusantara di Jakarta, Rabu (26/4) (Antarasulteng.com/Istimewa)

Longki Djanggola: terima kasih atas kerja keras jajaran Bappeda dan Organisasi Perangkat Derah (OPD) Sulteng
Palu (antarasulteng.com) - Pemerintah Provinsi Sulawesi Tengah menerima Anugerah Pangripta Nusantara tahun 2017 untuk kategori daerah dengan peningkatan tertinggi dalam kualitas perencanaan.

"Terimakasih atas kerja keras Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (Bappeda) Sulteng dan seluruh jajarannya serta semua organisasi perangkat daerah (OPD) atas dukungan dalam menyusun perencanaan yang berkualitas," kata Gubernur Sulteng Drs H Longki Djanggola, MSi dalam pesan singkat telepon seluler usai menerima penghargaan itu di Jakarta, Rabu.

Selain Sulawesi Tengah, Kabupaten Sigi juga mendapatkan anugerah Pangripta Nusantara dengan kategori perencanaan terbaik peringkat ketiga, setelah Kabupaten Tabanan, Bali dan Kabupaten Ende, Nusa Tenggara Timur.

"Ini kesuksesan buat semua masyarakat Sulawesi Tengah," sebut Gubernur Longki Djanggola.

Penghargaan itu diserahkan langsung oleh Menteri PPN/Kepala Bappenas Bambang Brodjonegoro disaksikan Presiden Joko Widodo, bertepatan dengan pelaksanaan Musyawarah Rencana Pembangunan (Musrenbang) Nasional, Rabu (26/4) di Jakarta yang dihadiri oleh para kepala daerah seluruh Indonesia.

Sejumlah kategori yang diberikan dalam anugerah Pangripta Nusantara tahun 2017 yakni provinsi dalam perencanaan terbaik 2016 yang diterima oleh Daerah Istimewa Yogyakarta sebagai posisi pertama, kedua DKI Jakarta dan posisi ketiga Sumatera Selatan.

Penghargaan terhadap kota dengan perencanaan terbaik diberikan kepada Kota Batu Jawa Timur, Kota Pekalongan Jawa Tengah dan Tanjung Pinang Kepulauan Riau.

Kemudian, daerah yang dinilai berhasil memberi inovasi dalam perencanaan terbaik pertama DKI Jakarta dan Muara Enim Sumatera Selatan.

Anugerah Pangripta Nusantara merupakan apresiasi kinerja pemerintah daerah, baik provinsi maupun kabupaten/kota yang berprestasi dalam merencanakan pembangunan yang diberikan oleh Kementerian PPN/Bappenas.

Pemberian penghargaan ini telah berlangsung sejak tahun 2011. Tim penilai independen yang beranggotakan para ahli lintas bidang bertugas untuk menyeleksi provinsi, kabupaten/kota dengan menilai dokumen perencanaan dan proses perencanaan pembangunan.