Menag Tunggangi Gajah Buka Pionir VIII

id pionir

Menag Tunggangi Gajah Buka Pionir VIII

Menteri Agama Lukman Hakim Saifuddin (kanan) bersama Rektor Universitas Islam Negeri (UIN) Aceh, Prof Farid Wajdi Ibrahim (kiri) menuju lapangan sepakbola sebelum membuka PIONIR VIII di Banda Aceh, Rabu (26/4) dari 26 April -1 Mei 2017. ANTARA FOTO/Ampelsa/aww/17.

Banda Aceh,  (antarasulteng.com) - Menteri Agama Lukman Hakim Saifuddin menunggangi gajah dari Rektorat Universitas Islam Negeri (UIN) Ar-Raniry Banda Aceh menuju lapangan untuk membuka Pekan Ilmiah Olahraga Seni dan Riset (Pionir) VIII Perguruan Tinggi Islam Negeri, Rabu.

Menag Lukman didampingi Sekretaris Provinsi Aceh Darmawan serta Rektor UIN Ar-Raniry Prof. Farid Wajdi Ibrahim, masing-masing menunggai gajah yang berbeda yang diberi nama Mega, Isabela, dan Aziz.

Gajah-gajah itu didatangkan secara khusus dari loksi penangkaran gajah Saree Lembah Seulawah, Aceh Besar.

Ketiga pejabat tersebut disambut meriah oleh ribuan atlet dan ratusan official dari 55 perguruan tinggi keagamaan Islam negeri yang hadir pada pembukaan kegiatan tersebut.

"Saya bangga bisa hadir di depan ribuan atlet dari semua perguruan tinggi keagamaan Islam negeri di bawah naungan Kementerian Agama," kata Menag Lukman Hakim mengawali sambutannya.

Menag Lukman Hakim mengemukakan bahwa Islam telah menekankan tentang pentingnya olahraga, seni dan pengembangan ilmu pengetahuan untuk peningkatan intelektualitas.

Karena itu, ia berharap para atlet bertanding secara serius mengedepankan sportifitas serta akhlak yang baik.

Menag juga berterimakasih kepada Pemerintah Provinsi Aceh yang telah membantu menyukseskan pelaksanaan Pionir VIII di provinsi tersebut.

"Saya berterima kasih yang setinggi-tingginya kepada Pemerintah Provinsi Aceh yang telah mensuport dan membantu secara penuh untuk kesuksesan Pionir VIII," ujarnya.

Terkait hal itu Rektor UIN Arraniry Aceh Prof. Farid Wajdi Ibrahim mengatakan Pionir VIII dihadiri 3.070 peserta dan 513 official dari 55 perguruan tinggi Islam negeri se-Indonesia.

Pihaknya menyediakan 162 medali yang akan diperebutkan terdiri atas 54 medali emas, 54 perak dan 54 perunggu.

Terdapat empat bidang pada Pionir VIII yang dipertandingkan yakni olahraga, seni, riset dan ilmiah yang berlangsung sejak 26 April hingga 1 Mei 2017.(skd)