Sabtu, 21 Oktober 2017

Komisi B DPRD Palu Ketambahan Mitra Kerja

id DPRD Palu, Ridwan
Komisi B DPRD Palu Ketambahan Mitra Kerja
Suasana rapat DPRD Kota Palu. (FOTO:antarasulteng)
"Sebelumnya mitra komisi B hanya sekitar 12 OPD. Setelah adanya perubahan nomenklatur baru, kini mitra komis B menjadi 14 mitra," kata Wakil Ketua Komisi B DPRD Palu, Ridwan H Basatu
Palu (antarasulteng.com) - Komisi B DPRD Kota Palu ketambahan mitra kerja organisasi perangkat daerah di lingkup pemerintah kota setempat.

"Sebelumnya mitra komisi B hanya sekitar 12 OPD. Setelah adanya perubahan nomenklatur baru, kini mitra komis B menjadi 14 mitra," kata Wakil Ketua Komisi B Ridwan H Basatu di Palu, Jumat.

Sebelumnya ada beberapa mitra yang berdiri sendiri. Namun setelah adanya perubahan peraturan OPD tersebut dimekarkan dan sebagian dileburkan menjadi satu. Akibat perubahan itu komisi B kembali mengatur dan menetapkan sejumlah OPD menjadi mitra kerjanya. 

"Karena ada peleburan dan pemecahan OPD, maka kami memandang perlu melakukan revisi kembali terhadap mitra kerja. Seperti DPPKAD, sekarang terpisah ada Badan Pendapatan Daerah kemudian ada Badan Pengelolaan Keuangan dan Aset Daerah. Begitu juga Dinas Perdagangan dan Perindustrian sekarang sudah berdiri masing-masing," jelas Ridwan.

Komisi yang membidangi ekonomi dan keuangan itu, selanjutnya akan melakukan koordinasi bersama mitranya khususnya yang baru terintegrasi dengan komisi tersebut guna menjalankan tugas pengawasan DPRD. 

Politisi Partai Hanura itu mengemukakan, sebagai bentuk tugas DPRD dalam melakukan pengawasan terhadap lembaga eksekutif, maka pihaknya tidak luput melakukan pemantauan program yang dilaksanakan oleh masing-masih OPD khususnya mitra kerja, termasuk perencanaan program kegiatan yang tertuang dalam dokumen Rencana Kegiatan dan Anggaran (RKA).

Dengan bertambahnya mitra kerja tersebut, dia berharap, OPD tersebut dapat bersinergi agar program kegiatan yang telah dijalankan dapat tercapai sesuai harapan.

"Pengawasan dilakukan sebagai upaya dukungan terhadap capaian visi dan misi Pemerintah Kota Palu selama lima tahun ke depan," ujarnya.***

Editor: Adha Nadjemudin

COPYRIGHT © ANTARA 2017

Baca Juga