Perindo Sulteng Akan Bentuk Koperasi

id perindo, koperasi

Perindo Sulteng Akan Bentuk Koperasi

Pengurus DPW Perindo Sulteng pada pra Rapat Koordinasi Terbatas (Rakortas) di aula Wisma Donggala di Palu, Sabtu (29/4) sore. (Foto:ANTARAsulteng/Ridwan/A055)

"Ini upaya kita turut serta membantu pemerintah dalam hal menyejahterakan rakyat lewat koperasi dan pengelolaan pertanian di setiap daerah,"
Palu, (antarasulteng.com) - Partai Persatuan Indonesia (Perindo) Sulawesi Tengah menggagas pembentukkan koperasi di internal partai itu untuk mengembangkan usaha simpan pinjam dan mendukung langkah meningkatkan produksi pertanian masyarakat.

"Kita akan membentuk koperasi mulai dari tingkat provinsi hingga ke daerah-daerah, sebagai upaya menciptakan kemandirian ekonomi masyarakat sebagai mana yang dituangkan dalam visi Partai Perindo," kata Ketua DPW Perindo Sulteng Clements Efraim di sela Rapat Koordinasi Terbatas Perindo Sulteng di Palu, Minggu.

Ia menilai pembentukan koperai di setiap wilayah sangat penting dilakukan untuk membatu masyarakat dalam hal penyediaan kebutuhan pertanian seperti penyediaan bibit dan pupuk khususnya untuk komoditas.

"Ini upaya kita turut serta membantu pemerintah dalam hal menyejahterakan rakyat lewat koperasi dan pengelolaan pertanian di setiap daerah," ujarnya.

Partai Perindo, kata Clements, saat ini tidak memiliki suntikan dana dari pemerintah melalui Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara (APBN). Namun dengan dana yang di dikelola secara mandiri dari sumbangan anggota maupun kerja sama dari pihak lain, Perindo mampu berbuat dalam mendorong tingkat kesejahteraan masyarakat lewat pertanian.

Disamping itu, lewat kegiatan Rakortas, para anggota juga diajak menumbuhkan kecintaan terhadap usaha pertanian khususnya jagung sebagi langkah meningkatkan perekonomian masyarakat berkelanjutan dan memanfaatkan potensi daerah yang masih belum tergarap maksimal.

"Rangkaian kegiatan ini juga kami memberikan stimulan kepada masing-masing anggota bagaimana mengembangkan usaha pertanian agar setiap anggota bisa menumbuhkan rasa cinta terhadap pengembangan pertanian khususnya jagung," jelasnya.

Perindo sedang menggagas pengembangan jagung dengan bekerja sama sebuah perusahaan yang akan menyediakan bibit, pupuk dan mendampingi petani untuk mengembangkan jagung serta menampung seluruh hasil produksi mereka dengan harga yang baik.

Wadah koperasi itulah yang akan bermitra dengan pengusaha tersebut, sehingga pembentukkan koperasi mulai dari tingkat provinsi sampai kecamatan merupakan salah satu prioritas jangka pendek Perindo Sulteng.

Karena itu, kata Clements, dalam pertemuan pra-Rakortas di Palu, Sabtu malam, Perindo Sulteng mengundang Kepala Dinas Koperasi dan UKM Sulteng untuk memberikan pemaparan tentang prosedur dan persyaratan membentuk koperasi. (hjj/baz)