Parigi Moutong Gelar POR 2017

id POR Parigi

Parigi Moutong Gelar POR 2017

Suasana pembukaan Porkab Parimo, Sabtu (29/4). (Foto: Antarasulteng.com/Fiqman Sunandar)

"Pemerintah saat ini mengenjot pembangunan stadion multi fungsi di desa Jono Kalora, Kec. Parigi Barat, semua itu dilakukan untuk meningkatkan prestasi atlit,"
Parigi Moutong, (antarasulteng.com) - Wakil Bupati Parigi Moutong Badrun Nggai membuka Pekan Olahraga Kabupaten (Porkab) kabupaten itu  di halaman kantor bupati,  Sabtu (29/4).

Pembukaan Porkab yang ke-4 itu mempertandingkan 18 cabang olahraga diikuti kontingen dari 23 kecamatan se kabupaten Parigi Moutong. 

Wakil Bupati Badrun Nggai menagatakan dalam sambutannya, porkab merupakan ajang menjaring bibit dan kaderasisisi atlit serta untuk mengukur hasil pembinaan dan sebagai ajang kompetisi untuk meningkatkan prestasi olah raga tingkat desa dan kecamatan.

Lanjut dia, walau setelah tiga tahun terakir tidak dilaksanakan nya Porkab dan pada 2017 baru dapat digelar, bukan berarti adanya kemunduran minat olahragawan atau prestasi melainkan sebuah bukti nyata bahwa minat dan semangat makin tumbuh

Dia menegaskan meski begitu minat olahragawan juga harus disertai dengan pembinaan yang berjenjang mulai tingkat desa dan kecamatan. 

Sementara itu untuk menunjang fasilitas olahraga yang berpresentatif dan memadai. 

"Pemerintah saat ini mengenjot pembangunan stadion multi fungsi di desa Jono Kalora, Kec. Parigi Barat, semua itu dilakukan untuk meningkatkan prestasi atlit," tutupnya.

Pada kesempatan yang sama, Ketua (KONI) Parimo M.Awalunsyah Passau mengatakan Porkab yang digelar saat ini dengan tujuan untuk meningkatkan prestasi atlit dan menjaring atlit yang berpotensial.

"Untuk menjaring bibit-bibit yang potensial sehingga kemudian kita harus memberdayakan peran masyarakat dalam berbagai sekto," katanya.

Lanjutnya dia, sesuai UU no 3 tahun 2005 sistem olahraga nasional dab peraturan pemerintah no 16 tahun 2007 bahwa untuk menuju pekan olahraga provinsi (porprov) 2018 harus melaksanakan porkab. oleh karena itu dia mengharapkan seluruh atlit meminta agar menjaga sportifitas. (fiq)