Wabup: Pendidikan Di Parigi Moutong Alami Peningkatan

id parigi

Wabup: Pendidikan Di Parigi Moutong Alami Peningkatan

Wabub Parigi Moutong Badrun Nggai (Antarasulteng.com/Humas Parimo)

Parigi,  (antarasulteng.com) - Wakil Bupati Parigi Moutong Badrun Nggai mengklaim perkembangan pendidkan di wilayahnya mengalami peningkatan yang cukup signifikan dalam waktu dua tahun terakhir.

"Hal itu dibuktikan dengan penorehan sejumlah prestasi dan peningkatan prmbangunan sarana infrastruktur pendidikan," katnya dalam upacara Hari Pendidikan Nasional (Hardiknas) di halaman kantor bupati setempat, Selasa.

Wabup menjelaskan sejak tahun 2016, puluhan siswa dan siswi Sekolah Dasar (SD) telah mewakili Provinsi Sulawesi Tengah (Sulteng), untuk mengikuti ajang Olimpiade Olahraga Siswa Nasional (02SN), Olimpiade Sains Nasional (OSN) dan festival serta Lomba Seni Siswa Nasional (FLS2N) tingkat nasional.

"Alhamdulillah mendapat peringkat ke 4 dari 34 propinsi," ungkapnya.

Selain itu, pada 2017 ini yang bertepatan dengan peringatan Hardiknas, siswa dari Desa Lombok, Kecamatan Tinombo, mendapat penghargaan siswa berprestasi di bidang dongeng dan sastra dari Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) di Jakarta.

"Dari puluhan peserta se-Indonesia, hanya 6 orang yang terpilih mendapat penghargaan tersebut, salah satu di antaranya siswa dari Kabupaten Parimo," ujar Wabup.

Tak hanya itu, di bidang kebudayaan, Kabupaten Parimo melalui Sanggar Seni Nolaja meraih juara umum gelar koreografi tari remaja tingkat Pemprov Sulteng. Hasilnya, Juli 2017 mendatang, mereka akan mewakili Sulteng pada ajang nasional di Berau, Kalimantan Timur.

Terkait dengan pembangunan infrastruktur pendidikan, kata Wabup, pihaknya terus menggenjot pembangunan melaui Alokasi Pendapatan Belanja Negara (APBN) berupa satu unit perpustakaan untuk SMP DDI Sidendeng, satu unit pembangunan laboratorium IPA untuk SMP Negeri 2 Parigi Selatan, satu unit pembangunan gedung Sekolah Satu Atap (Satap) Kecamatan Palasa.

Kemudian satu unit perangkat teknologi informasi teknologi, tujuh Ruang Kelas Baru (RKB), delapan ruang rehab dan dua unit USB untuk SMP Negeri 1 Parigi.

Badrun meminta seluruh jajaran pendidilan di daerahnya serta para orang tua bersinergi untuk meningkatkan prestasi anak didik agar bisa tampil lebih banyak lagi dalam pentas-pentas pendidikan tingkat provonsi, nasional bahkan internasional.