Jalan rusak di Lore Tengah segera diaspal hotmix

id Poso

Jalan rusak di Lore Tengah segera diaspal hotmix

Salah satu bagian jalan di Desa Torireh, Kecamatan Lore tengah yang rusak berat karena longsor dan membutuhkan perbaikan secepatnya. (Antarasulteng.com/Feri Timparosa)

Faidul Keteng: Perbaikan jalan kabupaten di Dataran Lore akan terus dianggarkan setiap tahun.
Poso (Antarasulteng.com) - Sebagian jalan raya yang rusak di Kecamatan Lore Tengah, Kabupaten Poso, tahun ini akan diaspal hotmix. 

Kepala Dinas PU Kabupaten Poso Faidul Keteng mengatakan di Poso, Rabu, proses tender perbaikan jalan sepanjang 6 km dengan nilai anggaran Rp5 milar dari APBD Poso tahun 2017 sedang berjalan.

"Tahun ini akan di kerjakan, proses tender sudah selesai, anggarannya Rp5 miliar dan aspalnya hotmix," ujar Faidul. 

Dia mengatakan sepanjang 6 km tersebut, akan di perbaiki sesuai titik badan jalan yang rusak. Sementara untuk jalan yang mengalami longsor, telah  ditangani oleh badan penanggulangan bencana sebab perbaikan jalan sepanjang 6 km oleh Dinas PU hanya pada bagian jalan yang tidak kena longsor. 

"Kalau yang masih mengalami longsor itu akan di tangani dulu oleh Badan Penanggulangan Bencana Daerah, setelah itu baru kami akan anggarkan lagi untuk aspal hotmix, sebab percuma diaspal kalau kemudian tertimbun longsor lagi," katanya. 

Ia juga menyebutkan bahwa perbaikan jalan di sepanjang ruas yang menghubungkan Kecamatan Lore Utara dan Lore Tengah akan terus dianggarkan secara bertahap hingga selesai. 

Sepanjang jalan yang merupakan tanggung jawab Pemkab Poso tidak akan luput dari anggaran perbaikan jalan. Hanya penganggarannya bertahap, hingga semua jalan kabupaten tertangai dengan baik. 

Faidul menyebutkan perbaikan jalan merupakan salahs atu program prioritas Pemkab Poso mendukung perekonomian masyarakat dengan memperlancar akses perhubungan.

Selain itu merupakan salah satu implementasi program Bupati Poso Darmin Agustinus Sigilipu untuk mendukung dan menciptakan masyarakat yang damai, adil dan sejahtera.