TMMD Selesai, Masyarakat Kulawi Selatan Terbantu

id TNI

TMMD Selesai, Masyarakat Kulawi Selatan Terbantu

Kasrem Letkol Inf Adrian Susanto (kanan) menyaksikan penandatanganan berita acara penyerahan hasil-hasil TMMD dari Dandim Donggala kepada Pemkab Sigi, Kamis (4/5) (Antarasulteng.com/Penrem 132/Tdl)

TMMD merenovasi 30 unit rumah tak layak huni di Kulawi Selatan
Sigi (Antarasulteng.com) - Pelaksanaan TNI Manunggal Masuk Desa (TMMD)  ke-98 Tahun 2017 di Kecamatan Kulawi Selatan, Kabupaten Sigi, Sulawesi Tengah, berakhir dan secara resmi ditutup, Kamis. 

Penutupan dilakukan Kepala Staf Korem 132/Tadulako Letnan Kolonel Inf Andrian Susanto mewakili Danrem 132/Tadulako dalam suatu upacara yang berisi pembacaan sambutan Kepala Staf  Angkatan Darat selaku Penanggungjawab Operasional TMMD.

Kasrem pada kesempatan itu menyerahkan hasil-hasil pelaksanaan pekerjaan selama TMMD kepada pejabat yang mewakili Bupati Sigi Irwan Lapata, ditandai penandatanganan naskah berita acara kegiatan.

Kepala Staf Angkatan Darat Jenderal TNI Moeljono dalam sambutan tertulisnya menyampaikan bahwa kegiatan TMMD merupakan wujud kepedulian dan peran serta TNI mendukung Pemerintah dalam program percepatan pembangunan di desa. 

Kepedulian untuk membantu pemerintah ini diwujudkan dengan ditambahnya program TMMD tahun ini menjadi tiga kali dalam tahun ini sesuai dengan keseriusan dari Pemerintah pusat melakukan pembangunan sampai kewilayah pedesaan guna meningkatkan taraf hidup masyarakat desa. 

Selain itu juga TMMD bertujuan untuk memupuk kembali rasa nasionalisme dan kebersamaan di tengah-tengah masyarakat.

"Hal ini bertujuan untuk melestarikan budaya gotong royong di tengah-tengah masyarakat agar nilai-nilai Pancasila dan rasa nasionalisme serta kebersamaan dapat terwujud kembali sehingga masyarakat terhindar dari pengaruh-pengaruh ataupun sikap yang dapat memecah persatuan dan kesatuan bangsa," kata Kasad.

Sementara itu Dandim 1306/Doggala Letkol Kav I Gde Masa selaku Dansatgas TMMD ke-98 di Kecamata Kulawi Selatan menjelaskan bahwa kegiatan fisik TMMD kali ini antara lain menyelesaikan renovasi rumah tidak layak huni sebanyak 30 unit serta kegiatan nonfisik berupa penyuluhan-penyuluhan.

"Semua kegiatan terlaksana denga baik dan lancar serta tepat waktu berkat kerja sama antara seluruh prajurit TNI dan masyarakat setempat. Inilah inti pelaksanaan TMMD yaitu menciptakan kemanunggalan antara TNI dengan masyarakat," katanya.