Menang 1-0 di kandang Celta, satu kaki MU menjejak final Liga Europa

id mu
Menang 1-0 di kandang Celta, satu kaki MU menjejak final Liga Europa
Marcus Rashford. (premierleague.com)
Jakarta (antarasulteng.com) - Gol semata wayang Marcus Rashford menjadi penentu kemenangan tandang yang krusial bagi Manchester United atas tuan rumah Celta Vigo untuk maju ke final Liga Europa.

Pertandingan leg pertama semifinal Liga Europa di Stadion Balaidos, Jumat dini hari WIB ini, berkesudahan 1-0 untuk MU.

Rashford kembali menjadi pemecah kebuntuan dan sekaligus penentu langkah MU dalam Liga Europa seperti dia lakukan saat mengantarkan MU ke semifinal kompetisi ini lewat gol tak kalah krusialnya saat melawan Anderlecht pada perempatfinal silam.

Gol Rashfor yang tercipta pada menit 67 itu didahului pelanggaran bek Celta, Mallo, terhadap Rashford di luar kotak penalti sehingga selain membuat Mallo dihadiahi kartu kuning, juga berujung kepada tendangan bebas.

Penyerang muda United ini tak menyianyiakan kesempatan sebagai eksekutor tendangan bebas dengan melepaskan sepakan melengkung melewati pagar betis pemain Celta untuk masuk ke sisi kiri gawang Celta.

Segera setelah gol pertama Rashford dari tendangan bebas ini, para pendukung United berteriak,"We're going to Stockholm" (Kita akan ke Stockholm). Pemenang pertandingan ini memang akan maju ke final Liga Eropa di Stockholm, Swedia, 24 Mei nanti.

MU hanya pernah dua kali menang pada 22 laga tandang melawan klub-klub Spanyol, namun pada delapan pertandingan Liga Europa yang dijalaninya, The Red tidak satu kali pun pernah menelan kekalahan. Tapi kini mereka sudah menang tiga kali di tanah Spanyol dalam 23 lawatannya ke negara ini.

Penjaga gawang Sergio Alvarez menjadi bintang lapangan pada laga ini dengan melakukan beberapa penyelamatan gemilang, termasuk menggagalkan upaya gol Jesse Lingard pada menit 39.

Rashford bermain satu dua dengan Lingard, namun penyelesaian akhir Lingard  yang sudah berhadapan dengan penjaga gawang, digagalkan Alvarez yang menjatuhkan diri menghadang tendangan pelan terukur Lingard. 

Pada laga di mana Jose Mourinho menurunkan kembali Paul Pogba, playmaker asal Prancis ini menciptakan pengaruh besar di lapangan. Hampir semua serangan MU diaransemen oleh Pogb.

Dari sisi Celta, John Guidetti, lewat serangan balik, menciptakan peluang gol terbaik yang dimentahkan penjaga gawang MU Sergio Romero. Sebelumnya, pada menit-menit awal, Daniel Wass juga menyianyiakan peluang gol Celta.

Sebelum gol Rashford, MU beberapa kali mengancam gawang Celta, termasuk penetrasi berbahaya Lingard pada menit 75 ketika tendangannya membentur salah satu pemain Celta sehingga bola melenceng dari arah gawang dan menghindarkan Celta dari kebobolan.

Namun sebelum itu, Iago Aspas juga nyaris menciptakan gol untuk Celta pada menit 73. Sayang, tembakannya melebar dari tiang gawang MU yang dijaga Sergio Romero.

Pada pertandingan ini, selain menurunkan Pogba, Mourinho juga untuk pertama kalinya dalam beberapa pekan menurunkan bek Chris Smalling yang masuk lapangan setelah Ashley Yong ditarik keluar gara-gara cedera, padahal Young sendiri adalah pemain pengganti untuk Henrikh Mkhitaryan.

Celta menekan pada 10 menit terakhir pertandingan, namun tak berhasil menciptakan gol sehingga memperberat langkah mereka dalam menjalani laga kedua di Old Trafford pekan depan.

Susunan pemain kedua tim, seperti dikutip laman UEFA:
Celta Vigo: 
Sergio Alvarez, Mallo (Claudio Beauvue), Nemanja Radoja, Pablo Hernandez, John Guidetti, Iago Aspas, Prone Sisto, Daniel Wass (Jozabed), Jonny, Gustavo Cabral, Facundo Roncaglia

Manchester United: Sergio Romero, Eric Bailly, Paul Pogba, Jesse Lingard, Daley Blind, Marcus Rashford (Anthony Martial), Ander Herrera, Henrikh Mkhitaryan (Ashley Young, Chris Smalling), Antonio Valencia, Marouane Fellaini, Matteo Darmian. (skd)

Editor: Rolex Malaha

COPYRIGHT © ANTARA 2017

Baca Juga