Kamis, 19 Oktober 2017

Pemkab Sigi Laksanakan Operasi Pasar Jelang Ramadhan

id operasi, pasar
Pemkab Sigi Laksanakan Operasi Pasar Jelang Ramadhan
Ilustrasi--Operasi beras pasar (antaranews)
Sigi, Sulteng, (antarasulteng.com) - Pemkab Sigi, Sulawesi Tengah akan melaksanakan operasi pasar terhadap komoditas pangan dan kebutuhan pokok masyarakat setempat menjelang bulan Ramadhan 2017.

"Biasanya menghadapi Ramdhan dan hari raya Idul Fitri, harga barang/bahan pokok bergerak naik," kata Kepala Dinas Perindustrian dan Perdagangan setempat, Adri, Jumat.

Ia mengatakan kegiatan tersebut tentu akan melibatkan semua pihak terkait yang ada di Sigi.

Rencananya akan menggelar operasi pasar di pasar-pasar tradisional yang ada di Kabupaten Sigi.

Menurut dia, kegiatan itu sangat penting untuk mengantisipasi adanya tindakan spekulasi dari para pedagang dengan menaikan harga demi mendapat keuntungan lebih besar.

Sudah tidak lasim lagi, pada setiap menjelang hari-hari raya, pedagang memanfaatkan kesempatan tersebut menaikan harga karena saat itu permintaan masyarakat meningkat.

"Mereka mengambil kesempatan menaikan secara sepihak dan hal itu tentu akan sangat merugikan masyarakat," kata dia.

Karena itu, sudah diagendakan menjelang puasa dan Lebaran, Pemkab Sigi akan menggelar operasi pasar di sejumlah pasar tradisional yang ada di beberapa wilayah.

Saat ini, katanya, harga bahan kebutuhan pokok dijual para pedagang di pasar tradisonal di Dolo maupun Biromaru rata-rata masih stabil dan terkendali.

Harga beras relatif stabil antara Rp9.500-Rp10.000/kg sesuai jenis dan kualitasnya. Minyak goreng bimoli curah Rp12.000/kg, gula pasir Rp13.000/kg dan daging sapi Rp100.000/kg.

Adri juga mengatakan stok berbagai bahan kebutuhan pokok di daerah itu dijamin mencukupi kebutuhan masyarakat.  

Editor: Rolex Malaha

COPYRIGHT © ANTARA 2017

Baca Juga