Presiden minta warga jaga kerukunan

id jokowi

Presiden minta warga jaga kerukunan

Presiden Joko Widodo (ANTARA/Biro Pers Setpres-Laily Rachev)

Batulicin (antarasulteng.com) - Presiden Joko Widodo minta warga menjaga kerukunan saat menghadiri puncak acara pesta laut Mappanretasi di Kabupaten Tanah Bumbu (Tanbu), Kalimantan Selatan, Minggu.

"Indonesia adalah negara besar, yang terdiri dari 17 ribu pulau, 714 suku, 34 provinsi, 516 kota/kabupaten, 1.100 bahasa lokal yang berbeda-beda. Dari perbedaan tersebut, mari kita saling bersatu untuk menjaga keutuhan NKRI," kata Presiden di Batulicin, pusat pemerintahan Tanah Bumbu.

Ia mengatakan masalah sekecil apapun yang berhubungan dengan kerukunan antarumat beragama, antarsuku dan budaya, sebaiknya diselesaikan segera sebaik mungkin supaya tidak sampai membesar.

Presiden mencontohkan, di negara tetangga seperti Afganistan yang saat ini dilanda konflik, masalahnya dulu tidak begitu besar, tetapi karena dibiarkan saja maka masalahnya menjadi rumit dan sulit diselesaikan.

"Kita patut bersyukur hingga saat ini kita masih diberi suatu kenikmatan, khususnya perdamaian," katanya.

Oleh sebab itu, ia mengatakan, sudah selayaknya warga Indonesia saling menjaga, menghargai dan menghormati untuk melestarikan nikmat perdamaian itu. (skd)