Presiden Jokowi resmikan empat proyek kelistrikan Papua & Maluku

id jokowi

Presiden Jokowi resmikan empat proyek kelistrikan Papua & Maluku

Presiden Joko Widodo (Jokowi) bersama Ibu Negara Iriana Widodo. (ANTARA/Muhammad Iqbal/P003)

Jayapura (antarasulteng.com) - Presiden Joko Widodo (Jokowi) meresmikan empat proyek kelistrikan di Provinsi Papua, Papua Barat, Maluku dan Maluku Utara, yang dipusatkan di Holtekam, Distrik Muara Tami, Kota Jayapura, Papua, Selasa.

"Listrik bukan hanya penerangan, tapi juga memberikan kepada masyarakat kita untuk meningkatkan kualitas hidupnya. Anak-anak bisa belajar dan ke depan anak kita bisa bersaing dengan negara lain. Sebab itu saya terus mendorong percepatan pembangunan pembangkit listrik di seluruh tanah air," kata Presiden.

Presiden juga meletakkan batu pertama pembangunan Pembangkit Listrik Tenaga Mesin Gas (PLTMG) Jayapura yang berkapasitas 50 megawatt (MW).

Proyek kelistrikan yang diresmikan Presiden termasuk listrik desa di empat provinsi meliputi PLMH dan Pembangkit Listrik Tenaga Surya (PLTS) dan Pembangkit Listrik Tenaga Uap (PLTU) Tidore, Maluku Utara yang berkapasitas 2 x 7 MW.

Presiden mengakui ketersediaan listrik menjadi salah satu masalah utama yang dirasakan seluruh daerah di Indonesia.

"Setiap saya berkunjung ke provinsi mana pun selalu yang menjadi keluhan adalah kekurangan listrik. Karena itu, saya sudah memerintahkan untuk segera menyelesaikan kekurangan listrik di daerah yang sudah mendesak, terutama di Indonesia Timur dan utamanya di Papua," kata Presiden Jokowi.

Sedangkan, Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) Ignasius Jonan mengakui dari sisi geografi pihaknya menemui kendala untuk membangun pembangkit dan jaringan kelistrikan di Papua.

Namun, pihaknya bersama PLN terus berupaya mencari solusi untuk menyelesaikan hambatan yang ada.

"Sebanyak 1.800 desa di Papua dan Papua Barat yang belum berlistrik akan dipasang room solar cell, ini cukup untuk menghidupkan empat buah lampu," ujarnya.

Presiden Jokowi dijadwalkan melakukan kunjungan kerja ke Papua pada 9 dan 10 Mei 2017. 

Pada kegiatan di hari pertama, Presiden meresmikan PLBN Skouw, meletakan batu pertama PLTMG Skouw, dan membagikan Kartu Indonesia Pintar (KIP) maupun Kartu Indonesia Sehat (KIS).

Kemudian, Presiden di hari kedua diagendakan meresmikan Pasar Mama Mama di Jayapura, lalu meninjau pembangunan Jalan Wamena-Habema, di Kabupaten Jayawijaya. (skd)