Bulog Sulteng Percepat Penyaluran Rastra

id rastra

Bulog Sulteng Percepat Penyaluran Rastra

PENYALURAN RASTRA KOTA PALU Warga menerima penyaluran beras sejahtera (Rastra) di Palu, Sulawesi Tengah, Selasa (25/4). Penyaluran Rastra itu merupakan yang pertama kalinya di tahun 2017, terlambat karena pendataan kembali terhadap penerima program Rastra di Sulawesi Tengah. Antarasulteng.com/Mohama

Palu,  (antarasulteng.com) - Perum Bulog divre Sulawesi Tengah terus berupaya mempercepat penyaluran beras untuk warga sejahtera (rastra), kata Kepala Bulog setempat, Suprianto.

"Rastra di Sulteng baru didistribusikan awal April 2017," katanya usai upacara peringatan HUT Bulog ke-50 di Palu, Rabu.

Ia mengatakan penyaluran rastra di kabupaten dan kota di Sulteng tidak merata. Contohnya ada kabupaten yang baru menyalurkan jatah untuk dua bulan yaitu Januari-Februari 2017 dan ada juga tiga bulan untuk Januari-Maret 2017.

Bahkan ada kabupaten seperti Sigi yang belum mendistribusikan rastra karena masih dalam proses administrasi.

Proses adiministrasi tersebut menurut Suprianto bukan pada Bulog, tetapi di jajaran Pemkab Sigi.

Bulog, kata dia, menyediakan stok dan menyalurkan beras sesuai dengan prosedur yang telah ditetapkan.

Untuk penyaluran rastra, kata dia, Bulog baru akan mendistribusikan ke titik distribusi yang telah disepakati dengan Pemkab atau Pemkot setelah adanya surat perintah alokasi (SPA) dari pemkab/pemkot.

"Selagi SPA belum terbit, Bulog belum bisa melayani pendistribusian," katanya.

Karena itu, pendistribusian rastra dari Bulog ke titik distribusi di setiap kabupaten dan kota di Sulteng tergantung dari Pemkab dan Pemkot.

Menurut dia, jika pemkab dan pemkot sudah mengajukan SPA kepada Bulog, maka Bulog langsung menindaklanjutinya dengan menyalurkan rastra sesuai kebutuhan.

Khusus daerah yang sudah penyaluran hingga Maret 2017 adalah Morowali dan Tojo Unauna. Sementara Kota Palu baru sampai Februari 2017.

Total jatah rastra untuk rumah tangga sasaran (RTS) di Sulteng yang telah disalurkan saat ini sebanyak 7.078 ton. Jumlah RTS penerima rastra di Sulteng mencapai 201.887 tersebar di 13 kabupaten dan kota.

Rata-rata penyaluran rastra di Sulteng sekitar 3.000 ton/bulan. (skd)