Empat hal ini tanpa disadari berdampak buruk bagi anak

id anak

Empat hal ini tanpa disadari berdampak buruk bagi anak

Ilustrasi (antara)

Jakarta (antarasulteng.com) - Menjadi orangtua adalah pekerjaan berat. Anak terpengaruh oleh semua yang ada di sekitarnya, teman, guru dan tentu orangtua. 

Tidak ada orangtua yang sempurna, namun Anda bisa berusaha menerapkan pola asuh lebih baik dengan menghindari hal yang bisa berdampak buruk pada anak di masa depan.

Berikut adalah empat hal yang bisa berpengaruh buruk pada masa depan anak, seperti dijelaskan ahli psikologi, Lourdes Carandang.

1. Membanding-bandingkan anak
Mungkin orangtua merasa adil dalam membagi perhatian dan kasih sayang pada anak-anak, tapi saat ada satu orang yang punya prestasi lebih lalu Anda memujinya sementara yang lain tidak, itu bisa berpengaruh buruk.

Misalnya Anda memperkenalkan mereka pada orang lain seperti ini, "Kenalkan, ini putri saya yang pintar, Sarah. Dan ini putra bungsu saya, Max."

Itu sama saja dengan menjatuhkan anak. Kadang ada orangtua yang tidak menyadarinya, kata Carandang seperti dilansir Independent.

2. Memberi label
Nama panggilan yang merujuk pada fisik atau kebiasaan buruk mungkin terkesan biasa saja, tapi sebenarnya bisa menorehkan luka seumur hidup pada anak bila terlalu sering diucapkan. 

Tentu saja orangtua tidak bisa terlalu melindungi anak, tapi memanggil anak dengan sebutan tidak enak bisa merusak kepercayaan diri anak.

Sebutan seperti itu bisa membuat anak kesal pada anak dan percaya bahwa mereka benar-benar malas atau bodoh.

3. Menjadi contoh penindas
Anak meniru perkataan dan perilaku orang tua. Jadi bila mereka melihat ayah berkata kasar pada ibu, mereka akan berpikir bahwa lazim bila pria menindas wanita, dan wanita memang menerima hal itu.

4. Pilih kasih
Ada orangtua yang punya anak kesayangan dan bila mereka melakukan hal yang salah, tak akan ada hukuman yang diberikan padanya. Sebaliknya, bila anak lain melakukan hal yang sama, orangtua tak segan-segan naik pitam.

Carandang menekankan pada orangtua yang menghadapi pertengkaran anak-anak, penting untuk mendengarkan secara objektif dari kedua pihak agar bisa berlaku adil. Meski anak yang lebih tua harusnya lebih paham atas tanggung jawab, penting untuk tidak menelantarkan kebutuhan emosional mereka. (skd)

Penerjemah: Nanien Yuniar