PLN Palu Jamin Suplai Listrik Selama Ramadhan

id pln, listrik

PLN Palu Jamin Suplai Listrik Selama Ramadhan

Ilustrasi--PLN (antaranews)

Palu,  (antarasulteng.com) - PT PLN Area Palu, Sulawesi Tengah, menjamin keamanan suplai listrik selama bulan Ramadhan di daerah itu karena semua pembangkit listrik kini berada dalam kondisi yang normal.

"Begitu juga jaringan dalam kondisi baik, termasuk jaringan interkoneksi dari PLTA (Pembangkit Listrik Tenaga Air) Poso menuju Gardu Induk (GI) Sidera, Kabupaten Sigi, sudah normal terpoutus

karena sebuah tower SUTT roboh dihantam banjir di Poso," kata Manager PLN Cabang Palu Emir Muhaimin yang dihubungi di Palu, Jumat.

Ia mengatakan jika tidak ada gangguan dan semua pembangkit beroperasi normal, sistem kelistrik Palu akan mengalami surplus daya sebesar 10 megawatt (MW).

Meski surplus, namun masyarakat sebagai pelanggan PLN diharapkan tetap melakukan penghematan penggunaan listrik.

"Kami terus mendorong masyarakat untuk menggunakan listrik seperlunya," kata Emir.

Menurut dia, jika setiap pelanggan listrik bisa menghemat pemakaian listrik di rumahnya 100 watt saja, penghematan daya bisa mencapai puluhan megawatt.

"Ini tentu sangat membantu PLN dalam menjaga stabilitas suplai daya, terutama pada saat beban puncak. Ini juga akan mengurangi beban biaya listrik keluarga," ujarnya.

Menurut Emir, seperti biasanya, penggunaan listrik akan naik selama bulan Ramadhan, namun bila semua pelanggan berkomitmen untuk tidak mengoperasikan alat-alat yang menggunakan listrik namun tidak begitu penting, maka stabilitas suplai daya akan tetap terjaga.

Karena itu, Emir mengimbau masyarakat untuk mulai menghemat penggunaan listrik untuk menekan biaya listrik rumah tangga dan ikut menjaga stabilitas suplai listrik oleh PLN.

Sebenarnya semakin meningkat penggunaan listrik, akan meningkatkan pendapatan perusahaan, tetapi PLN tidak semata-mata mencari keuntungan finansial, namun bagaimana menyediakan listrik secara memadai untuk memenuhi kebutuhan rumah tangga dan industri di daerah ini.

Dia juga menegaskan bahwa pihaknya akan memberikan sanksi bagi masyarakat yang melalukan tindakan tak terpuji seperti pencurian listrik.

Petugas PLN turun lapangan dan bila menemukan adanya masyarakat yang mencuri listrik langsung ditindak tegas.

"Siapapun pelakunya, bersangkutan akan ditindak tegas," ujar Emir Muhaimin.  (skd)