Jokowi gelar penyambutan kenegaraan untuk Presiden Chile

id jokowi

Jokowi gelar penyambutan kenegaraan untuk Presiden Chile

Presiden Joko Widodo (ANTARA FOTO/IORA SUMMIT 2017/Rosa Panggabean)

Jakarta (antarasulteng.com) - Presiden Joko Widodo menggelar upacara penyambutan kenegaraan untuk Presiden Republik Chile Veronica Michelle Bachelet Jeria di Istana Merdeka Jakarta, Jumat. 

Presiden Michele Bachelet tiba di pintu gerbang Istana Merdeka Jakarta sekitar pukul 10.00 WIB.

Begitu tiba di Istana Merdeka, Presiden Michele Bachelet langsung disambut Presiden Jokowi dengan menyalami tamu negara itu.

Ketika melintasi jalan di sekitar Istana Merdeka, Presiden Chile juga disambut oleh sejumlah anak-anak yang mengenakan pakaian adat Indonesia dan membawa bendera kedua negara.

Presiden yang mengenakan setelan jas warna biru tua dan dasi merah didampingi Ibu Negara Iriana Joko Widodo yang mengenakan baju atasan warna ungu. Tampak sejumlah Menteri Kabinet Kerja antara lain Menlu Retno Marsudi, Mensesneg Pratikno dan Seskab Pramono Anung.

Acara kemudian dilanjutkan dengan menuju ke tempat upacara yang diisi dengan menyanyikan lagu kebangsaan kedua negara diiringi marching band Pasukan Pengamanan Presiden serta dentuman meriam.

Kedua pemimpin negara itu juga melakukan inspeksi pasukan diiringi dengan lagu Maju Tak Gentar. 

Setelah rangkaian upacara penyambutan, acara dilanjutkan dengan foto bersama, pertemuan di Veranda Talk Istana Merdeka, pertemuan bilateral, penandatangan nota kesepahaman dan pernyataan pers bersama. 

Sebelumnya Kementerian Luar Negeri menyampaikan keterangan bahwa Michelle Bachelet melakukan kunjungan kenegaraan di Indonesia pada 11-12 Mei 2017.

Pada kunjungannya, Presiden Chile akan melakukan pertemuan bilateral dengan Presiden RI untuk membahas penguatan kerja sama bilateral Indonesia-Chile. 

Presiden Michelle Bachelet memfokuskan diskusi untuk meningkatkan kerja sama di bidang ekonomi dan perdagangan, kelautan serta perikanan, termasuk kerja sama sosial budaya.

Kunjungan Presiden Chile itu memiliki arti penting yang sejalan dengan prioritas Pemerintah RI dalam upaya untuk meningkatkan akses pasar bagi produk-produk Indonesia di pasar prospektif di wilayah Amerika Selatan.

Selama berada di Indonesia, Presiden Michelle Bachelet juga rencananya akan menghadiri seminar Kamar Dagang dan Industri (KADIN) RI-Chile, serta mengadakan pertemuan di Sekretariat ASEAN dan peletakan karangan bunga di Taman Makam Pahlawan Kalibata. (skd)


Baca juga: (Presiden Chile bawa organisasi bisnis ke RI)