Polres Palu Siapkan 550 Personel Pengamanan Presiden

id polisi

Polres Palu Siapkan 550 Personel Pengamanan Presiden

Ilustrasi (antaranews)

Palu,  (antarasulteng.com) - Kepolisian Resor Palu menurunkan sebanyak 550 personel dalam rangka pengamanan kunjungan Presiden Joko Widodo di Kota Palu pada 15-16 Mei 2017 mendatang.

"Selain itu ada tambahan 300 personel BKO Mabes Polri dan bantuan Polda Sulteng," kata Kapolres Palu AKBP Christ Reinhard Pusung di Palu, Jumat.

Jumat petang, Kapolres memimpin apel pasukan ditingkatan Polres Palu dalam rangka evaluasi kesiapan pasukan.

"Sekali lagi saya ingatkan, waktu tinggal dua hari lagi," tegas Kapolres.

Kata dia, semua personel yang terlibat dalam pengamanan kunjungan Presiden di Palu, harus memahami tugas dan tanggung jawab masing-masing.

Kapolres mengingatkan seluruh personel Polri untuk menjaga kesehatan dan stamina serta menyiapkan semua perlengkapan yang dibutuhkan dalam pengamanan.

Untuk pengamanan disiagakan pada tiga titik utama yakni Bandara Mutiara Sis Aljufri sebagai tempat kedatangan Presiden, hotel tempat direncanakan Presiden untuk menginap dan Masjid Agung Darussalam Palu sebagai tempat Kongres Pergerakan Mahasiswa Islam Indonesia (PMII).

Presiden Joko Widodo dijadwalkan membuka Kongres ke-19 Pergerakan Mahasiswa Islam Indonesia (PMII) yang akan berlangsung di Masjid Agung Darussalam, Kota Palu, Sulawesi Tengah pada 16 Mei 2017.

Presiden yang akan disertai beberapa menteri kabinet akan tiba di Kota Palu pada Senin (15/5) malam langsung dari Tiongkok, dan menginap di sebuah hotel, lalu Selasa (16/5) pukul 13.00 Wita akan membuka Kongres PMII tersebut.

Sebelumnya gubernur Sulteng, Longki Djanggola mengatakan di sela-sela menunggu pembukaan Kongres PMII, pihaknya telah menyiapkan sejumlah acara antara lain meninjau Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) Palu dan Pelabuhan Pantoloan Palu serta Bandara Mutiara Sis Aljufri Palu.

Agenda utama Kongres PMII ini adalah memilih pengurus baru serta `Deklarasi Palu untuk Indonesia Damai.`

Di arena Kongres XIX PMII di kompleks Masjid Agung Darussalam Palu sudah dikelilingi ratusan bendera PMII yang didominasi warna kuning. Selain itu sejumlah baliho ucapan selamat dan sukses Kongres PMII juga sudah tersebar di sekitar arena kegiatan.

Ketua Panitia Kongres Lokal Fauzi Habibu mengatakan sampai saat ini sudah 90 persen dari 238 cabang dan 25 Pengurus Koordinator Cabang memastikan menghadiri kongres.

Diperkirakan Kongres tersebut akan dihadiri sekitar 2.500 peserta dari seluruh Indonesia. (skd)