Korut: uji peluru kendali untuk coba kemampuan nuklir besar

id rudal
Korut: uji peluru kendali untuk coba kemampuan nuklir besar
Peluru kendali Korea Utara yang diluncurkan dari kapal selam (SLBM) Pukkuksong (KCNA)
Seoul (antarasulteng.com) - Korea Utara pada Senin mengatakan berhasil melakukan uji peluru kendali jarak menengah hasil pengembangannya pada Minggu, yang diawasi pemimpin Kim Jong-un, untuk menunjukkan kemampuan menciptakan nuklir skala besar berhulu ledak tinggi.

Kim mengingatkan Amerika Serikat tidak salah menilai kenyataan bahwa daratannya berada dalam jangkauan serangan Korea Utara, kata laporan kantor berita resmi KCNA.

Korea Utara menembakkan peluru kendali balistik, yang mendarat di dekat laut Rusia, pada Minggu dalam peluncuran yang Washington sebut pesan terhadap Korea Selatan, beberapa hari setelah presiden barunya menjabat dan berjanji melibatkan Pyongyang dalam pembicaraan.

Peluru kendali itu diluncurkan pada sudut paling tinggi sehingga tidak sampai mempengaruhi keamanan negara tetangga dan terbang 787 kilometer, mencapai ketinggian 2.111,5 kilometer, kata KCNA.

"Uji itu untuk pemeriksaan taktis dan spesifikasi teknologi roket balistik pengembangan barunya, yang mampu membawa hulu ledak nuklir yang tinggi serta berukuran besar," kata KCNA.

Korea Utara diyakini sedang mengembangkan sebuah peluru kendali balistik antar benua (ICBM) yang mampu membawa hulu ledak nuklir mencapai daratan Amerika Serikat.

Komando Pasifik Angkatan Laut AS mengatakan bahwa jenis peluru kendali yang diluncurkan itu tidak serupa dengan peluru kendali balistik antar benua.

Dewan Keamanan Perserikatan Bangsa-Bangsa dijadwalkan bertemu pada selasa untuk membahas peluncuran peluru kendali terbaru Korea Utara, kata para diplomat pada Minggu, yang diajukan oleh AS dan sekutunya Korea Selatan dan Jepang, demikian dilansir Reuters. (skd)

(KR-AMQ/B002)

Editor: Rolex Malaha

COPYRIGHT © ANTARA 2017

Baca Juga