Selasa, 26 September 2017

Presiden Jokowi Janji Balik Lagi Ke Palu

id jokowi
Presiden Jokowi Janji Balik Lagi Ke Palu
Presiden Joko Widodo (ANTARA/Biro Pers Setpres-Laily Rachev)
Palu,  (antarasulteng.com) - Presiden Joko Widodo berencana berkunjung kembali ke Palu untuk melihat kemajuan pembangunan Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) Palu karena saat menghadiri Kongres XIX Pergerakan Mahasiswa Islam Indonesia (PMII) pada Selasa di Palu, tidak sempat berkunjung ke KEK.

"Presiden berpesan kepada saya sebelum naik tangga pesawat, beliau meminta melaporkan perkembangan terakhir progres KEK Palu dan Presiden berjanji nanti akan menyiapkan waktu meninjau secara khusus KEK Palu," kata Gubernur Sulawesi Tengah Longki Djanggola, pada penandatanganan kesepahaman bersama sejumlah perusahaan di KEK Palu, Selasa.

Rencananya selain membuka Kongres PMII, Presiden Joko Widodo rencananya juga akan meninjau KEK Palu di Kelurahan Pantoloan. Namun karena pukul 14.00 WIB, Presiden menggelar rapat di Jakarta dan menerima kunjungan tamu negara sehingga rencana kunjungan ke KEK dibatalkan.

"Sebelummya, Presiden sudah sempat mengiyakan akan melihat Kawasan Ekonomi Khusus, namun setelah dikonsultasikan ke Mensesneg ternyata pak Presiden ada rapat di Jakarta," kata Longki.

Usai membuka Kongres XIX PMII, Presiden dan rombongan langsung bertolak ke Jakarta menggunakan pesawat kepresiden melalui Bandara Mutiara Sis Aljufri Palu.

Rombongan diantar langsung Gubernur Longki bersama sejumlah pejabat daerah. Dari bandara gubernur langsung menuju KEK guna menyaksikan penandatangan nota kesepahaman bersama oleh sejumlah perusahaan yang akan berinvestasi di kawasan ekonomi tersebut.

Perusahaan itu antara lain PT Korea Western, PT Palu Bangun Sulteng, PT Mika, PT STM Tunggal Jaya, PT Pelindo, PT Energi dan PT Pertagas Niaga.

Para petinggi di perusahaan itu sekaligus melihat perkembangan terakhir dari pembangunan KEK Palu.

Gubernur mengatakan dirinya akan selalu mendorong dan tidak mengecewakan para investor yang akan membangun sejumlah industri hilir di KEK tersebut.

KEK Palu yang sudah lima tahun belakangan ini tak hentinya didengungkan, merupakan pusat industri yang letaknya strategis karena didukung dengan pelabuhan yang tepat berada di depan KEK Palu.

Dari sejumlah KEK yang telah ditetapkan pemerintah sebelumnya, KEK Palu merupakan KEK paling strategis karena ditunjang pelabuhan laut, yang terhubung langsung dengan Selat Makassar serta berada di Indonesia tengah. (skd)

Editor: Adha Nadjemudin

COPYRIGHT © ANTARA 2017

Baca Juga