Buku Menakar Keimanan Iblis Karya Zainal Abidin Dibedah

id iain

Buku Menakar Keimanan Iblis Karya Zainal Abidin Dibedah

Sampul Buku Menakar Keimanan Iblis Karya Prof.Dr.H.Zainal Abidin M.Ag (Ist)

Palu,  (antarasulteng.com) - Buku karya Prof. Dr. H. Zainal Abidin M.Ag dengan judul `Menakar Keimanan Iblis` diminati oleh kalangan akademisi dan masyarakat yang berkecimpun di organisasi keagamaan serta kepemudaan di Kota Palu, Sulawesi Tengah.

Buku yang memuat 120 halaman lima bagian pembahasan itu akan segera dibedah di Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Palu dengan menghadirkan langsung penulis Prof. Zainal Abidin M.Ag.

"Iya, buku ini akan dibedah dilingkungan akademisi di perguruan tinggi Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Palu," ungkap Prof. Zainal Abidin.

Rektor IAIN Palu itu mengatakan bahwa buku Menakar Keimanan Iblis merupakan upaya untuk menelaah dan memahami pesan-pesan ilahi.

Ia memandang Iblis merupakan tokoh yang sangat populer dikalangan manusia, terlepas dari agama apapun yang dianutnya. Makhluk metafisik itu selalu diidentikan dengan kejahatan dan perbuatan dosa.

Pakar Pemikiran Islam Modern itu menyebut, Iblis dicap sebagai dalang dibalik setiap perbuatan negatif yang dilakoni oleh anak cucu Adam melalui bisikan yang dihembuskan kedalam diri manusia untuk berbuat dosa.

"Akan tetapi, Iblis memiliki peran besar dalam skenario kekhalifahan manusia, bahkan selanjutnya sebagai instrumen ilahi dalam mengukur kadar keimanan anak cucu Adam," sebutnya.

Lebih lanut dia mengatakan bahwa perbuatan Iblis menyesatkan umat manusia telah mendapat izin langsung dari Allah Swt. Karena itu, muncul pertanyaan apakah Iblis itu beriman kepada Allah Swt atau tidak ?.

Buku Menakar Keimanan Iblis diterbitkan oleh IAIN Palu Press cetakan pertama tahun 2016 desain sampul Lukman Latif, editor Hamka M.Ag.

Prof. Zainal Abidin M.Ag telah mengukir beberapa karya ilmiah dalam pengembangan pengetahuan antara lain buku berjudul Imamah dam implikasinya dalam kehidupan sosial.

Ketua Gerakan Pemuda Ansor Sulteng Adha Nadjemuddin bersedia membuat forum diskusi khusus untuk mengkaji dan mendiskusikan buku `menakar keimana iblis` tersebut.

"Kita menunggu kesediaan waktu dari Rektor IAIN Palu Prof. Zainal Abidin M.Ag selaku penulis, untuk selanjutnya akan dihadirkan secara langsung di Ansor membedah buku tersebut," sebutnya.