Danau Wanga Poso Dikunjungi Wisatawan Mancanegara

id danau, poso

Ilustrasi (ANTARA)

Palu  (antarasulteng.com) - Obyek wisata Danau Wanga, Kabupaten Poso, Sulawesi Tengah, meski baru dikembangan pemerintah di daerah itu, namun kini mulai banyak dikunjungi para wisatawan, termasuk dari mancanegara.

Alpinus,seorang warga di Desa Wanga, Kecamatan Lore Selatan, Kabupaten Poso, Kamis membenarkan setiap hari libur, banyak wisatawan yang datang menikmati obyek wisata yang berjarak sekitar 100km dari Kota Palu itu.

Ia mengaku dalam beberapa bulan terakhir ini banyak wisatawan yang berkunjung.

Selain wisatawan mancanegara, juga wisatawan lokal yang memiliki hobi memancing ikan.

Danau Wanga yang terletak di tengah-tengah padang safana tersebut dihuni berbagai jenis ikan air tawar sepertu sungilih, mujair, ikan mas, ikan nilam, gabus, kosak dan ikan lele.

Untuk mencapai lokasi itu dari Palu bisa naik kendaraan roda dua dan empat sampai di desa Wanga. Selanjutnya, bisa meneruskan perjanan menuju obyek wisata dengan berjalan kaki menyusuri padang safana.

Sementara Kepala Balai Besar Taman Nasional Lore Lindu (TNLL) Sudayatna mengatakan Danau Wanga terletak diluar kawasan Taman Nasional.

Ia mengatakan Pemkab Poso mendorong obyek wisata tersebut dikembangkan menjadi salah satu daerah tujuan wisata (DTW) di Provinsi Sulteng.

Danau Wanga cukup indah dan sangat disukai para wisatawan yang memiliki hoby memancing ikan. Namun untuk lebih menarik, tentu Pemkab Poso harus mengembangkan dengan membenahi sarana dan prasana yang dibutuhkan seperti jalan dan listrik.

Begitu pula perlu dibangun rumah-rumah untuk tempat menginap para wisatawan.

Menurut dia, jika obyek wisata itu telah dikelolah dengan bagus, bisa dipaketkan menjadi satu paket wisata dengan sejumlah obyek wisata yang ada di dataran Lore seperti Danau Tambing, Danau Wanga dan berbagai benda purbakala di Lembah Bada dan Besoa. (skd) 
Pewarta :
Editor: Rolex Malaha
COPYRIGHT © ANTARA 2017

Komentar