PLN Jamin Kebutuhan Listrik Selama Ramadhan

id pln

PLN Jamin Kebutuhan Listrik Selama Ramadhan

Ilustrasi--PLN (antaranews)

Palu,  (antarasulteng.com) PT PLN Cabang Palu, Sulawesi Tengah, menjamin kebutuhan listrik selama Ramadhan karena daya terpasang hingga saat ini cukup memadai.

"Bahkan, PLN mengalami surplus daya cukup besar," kata Manager PT PLN Area Palu, Emir Muhaimin, Kamis.

Ia mengatakan untuk kebutuhan Ramadhan,soal ketersediaan listrik tidak perlu dikhawatirkan.

Saat ini sistem kelistrik Palu mendapat suplai listrik dari Pembangkit Listrik Tenaga Air (PLTA) Sulewana Poso dan juga PLTU (Pembangkit Listrik Tenaga Uap) Mpanau Palu.

Dua pembangkit milik swasta tersebut selama ini sangat membantu pihak PLN dalam memenuhi kebutuhan listrik untuk keperluan rumah tangga dan industri di sejumlah wilayah di Provinsi Sulteng.

Ia menjelaskan sistem kelistrik Palu meliputi wilayah Kabupaten Parigi Moutong, Donggala Sigi dan Kota Palu.

Hingga kini, kata Emir, kebutuhan listrik untuk sistem kelistrikan Palu yang disuplai dari PLTA Poso, PLTU Mpanau Palu dan PLTD (Pembangkit Listrik Tenaga Disel) milik PT PLN masih cukup memadai.

Namun,kata dia, jika ada terjadi gangguan pada PLTU dan PLTA Poso, dipastikan sistem kelistrikan Palu akan mengalami defisit daya sehingga suka atau tidak akan ada pemadaman bergilir.

Seperti yang terjadi beberapa waktu lalu ketika salah satu tower PLTA Poso roboh karena banjir bandang, sistem kelistrikan Palu mengalami defisit daya cukup besar sehingga, PLN menerapkan pemadaman bergilir.

Menghadapi ramadhan 2017 ini, PLN Area Palu terus meningkatkan pengawasan terhadap pembangkit, gardu dan jaringan listrik agar suplai daya untuk kebutuhan rumah tangga dan industri tetap berjalan lancar.

"Kami sudah siapkan petugas yang akan siaga 1x24 jam dan begitu ada gangguan baik pada pembangkit maupun jaringan langsung melakukan upaya perbaikan," kata Emir. (skd)